Siapkan Pengamanan Lebaran, Polres Tanah Datar Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2019

Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas sedang menerima laporan tentang kesiapan apel dari Kasat Lantas Iptu Fitri Dewi Utami.
Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas sedang menerima laporan tentang kesiapan apel dari Kasat Lantas Iptu Fitri Dewi Utami.

Batusangkar, Editor.- Apel  Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2019  yang dipimpin oleh Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas digelar di lapangan Cindua Mato Batusangkar, Selasa (28/5).

Apel tersebut terkait pengamanan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, dimana Polres Tanah Datar menurunkan 264 personil gabungan. Terdiri dari  192 personil berasal dari anggota Polri, sisanya personil gabungan dari TNI, Dishub, Satpol PP dan Dinas kesehatan yang  masing -masing berjumlah 18 orang.

Dalam apel tersebut Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prayas membacakan amanat Kapolri Jendral Tito Kanarvian  antara lain isinya adalah  .Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan serentak ,mulai dari tingkat  Markas Besar hinggal Polres jajaran.

Ada 2 tujuan  yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini antara lain. Pertama, apel gelar pasukan diselenggarakan untuk  mengecek kesiapan personel ,peralatan dan seluruh  aspek operasi termasuk senirgisitas dan solidaritas komponen penyelenggara. Kedua, apel gelar pasukan diselenggarakan  dengan  maksud untuk mewujudkan kesiapan penyelenggaraan  operasi kepada publik,sehingga akan menumbuhkan  ketenangan ,rasa aman dan nyaman  bagi masyarakat, ujar Kapolri

Usai apel Gelar pasukan Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas, SH didampingi Kasat Lantas Iptu Fitri Dewi Utami menyatakan kepada para wartawan, untuk jajaran Polres Tanah Datar, dalam melaksanakan tugas di lapangan, tim dibagi menjadi tiga pos (titik) pengamanan dan pelayanan di wilayah hukum Polres Tanah Datar. Pos tersebut teletak di Lapangan Cindua Mato Batusangkar merupakan Pos Pam (Pos pengamanan), dan Pos Yan (Pos pelayanan) pasar Seitarab serta Pos Yan Ombilin di Kawasan Danau Singkarak. “Pos Pam memiliki 24 petugas dan Pos Yan beranggotakan 21 petugas siap turun ke lapangan,” tutur Kapolres seraya menyebutkan Operasi Ketupat Singgalang dimulai Kamis (29/5) s.d Senin (10/6) mendatang.

Kemungkinan bakal terganggu kelancaran lalu lintas masyarakat dan perantau pulang kampung, pihak Polres  telah mengantisipasi kondisi pasar tumpah, antrian di SPBU, bencana alam, dan persimpangan padat aktifitas pengendara.

Untuk kelancaran kamtibmas, juga sudah disiapkan beberapa langkah, yakni, Titik Rekayasa di Pasar Batusangkar, Jalan Sungai Tarab, Simpang Ombilin, dan Istana Basa Pagaruyung.

Rekayasa lantas Simpang empat Sungai Tarab, dari Payakumbuh/ Bukittinggi belok kanan tembus Simpang Kiambang terus ke Padangpanjang/Solok. Sedangkan  dari Padang Panjang belok kanan ke Ombilin atau ke kiri mengarah ke Payakumbuh/Bukittinggi dan keluarnya di Simpang Asrama.

Seterusnya, Simpang Tiga Pincuran VII dari Batusangkar belok kiri ke Ombilin, jika datang dari Ombilin belok ke kiri arah Padang Panjang. Sedangkan dari Istana Pagaruyung Simpang Padang Siminyak diteruskan arah Lintau.Pos Pantaunya berada di Simpang Asrama, Simpang Kiambang dan Simpang Pincuran VII.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Bayuaji Yudha Prajas mengayak Kasatpol PP-Damkar Tanah Datar Yusmen  untuk mengadakan operasi malam hari untuk menertibkan balap motor liar yang dilakukan oleh para remaja mulai selesai shalat tarwih sampai Subuh yang sangat menggangu masyarakat di jalan-jalan utama yang ada di kota Batusangkar

Selanjutnya Kapolres bersama Ka Ops Ishaq, Kasatlantas Iptu Fitri Dewi Utami, Kasatpol PP – Damkar Yusnen  langsung melakukan checking kenderaan patroli dan kenderaan roda dua Babinkamtibmas. Acara Apel Gelar Pasukan

1128 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*