Sambut HUT Kabupaten Solok Ke106, Festival 5 Danau Digelar di THKW

Pemukulan gong oleh Bupati Gusmal pertanda dimulainya Festival 5 Danau.
Pemukulan gong oleh Bupati Gusmal pertanda dimulainya Festival 5 Danau.

Arosuka, Editor.- Pelaksanaan Festival 5 Danau ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut pemerintah Kab. Solok dalam percepatan pengembangan kepariwisataan daerah yang mensinergikan nilai-nilai budaya lokal dan seluruh stackholder.

Hal itu diungkapkan Bupati Bupati Solok, H. Gusma, SE, MM dalam sambutannya pada pembukaan Festival 5 Danau, bertempat di Taman Hutan Kota Wisata (THKW), Arosuka, Senin (25\3).

Lebih lanjut bupati mengatakan, kegiatan ini diyakini akan mampu menjawab tantangan agar masyarakat dapat merasakan dan memeriahkan HUT Kab. Solok yang selama ini hanya dirasakan oleh segelintir orang saja.

Festival 5 Danau ini diharapkan dapat menjadi momen dimana pariwisata sebagai sektor prioritas di Kab. Solok dapat bersinergi dengan seluruh sektor dan stackholder terkait dan juga diharapkan dapat mengangkat citra pariwisata Kab. Solok dengan segala potensinya.

“Jadikan danau kita sebagai objek wisata dan sumber pencaharian bagi masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan meahirkan tenaga terampil di berbagai bidang, karena. Kab. Solok dalam masa pertumbuhan ekonomi yang cukup baik,” kata Gusmal.

Sementara itu anggota DPD RI, Nofi Candra yang selalu hadir pada berbagai iven di Kabupaten Solok dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan kekayaan budaya yang Minang ada di Kab. Solok dan jadikan iven seperti Festival 5 Danau ini sebagai kegiatan tahunan.

“Festival 5 Danau akan mengantarkan kesejahteraan bagi masyarakat jika kita laksanakan dengan baik dan maksimal. Diharapkan dengan adanya festival ini akan membuat berbagai wisata di Kab. Solok dikenal oleh daerah luar, baik wisata kuliner, wisata budaya dan objek wisata lainnya,” kata Nofi Candra.

Selaras dengan apa yang diungkapkan Nofi Canndra, Ketua DPRD Kab. Solok, Hardinalis Kobal, SE, MM mengatakan, lembaga terkait dan stakeholder diharapkan terus mengeksplorasi potensi daerah dan terus dikembangkan untuk meningkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat..

“Jadikan momen Festival 5 Danau ini sebagai ajang untuk kita mempromosikan potensi daerah kita agar lebih dikenal masyarakat luas. Selain itu jadikan momentum saat ini sebagai ajang evaluasi bagi kita semua terkait apa yang telah kita berikan untuk kemajuan daerah kita,” kata Hadinalis Kobal.

Sebelumnya ketua pelaksana Festival 5 Danau yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Solok, Jandra, SE, MM melaporkan, Festival 5 Danau ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan pemerintah Kab. Solok dalam bentuk pameran dan pasar rakyat guna mempromosikan wisata, budaya dan kuliner.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan budaya dan citra pariwisata untuk menunjang pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kab. Solok, mendorong kebangkitan UMKM dan ajang bagi pihak swasta untuk mempromosikan produknya.

“Kegiatan ini diikuti oleh Nagari, Kecamatan, SKPD, BUMD/BUMN, Instansi Vertikal, perusahaan swasta serta pedagang kuliner dan kerajinan lainnya,” jelas Yandra.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, Sekretaris Daerah Kab. Solok, Aswirman, SE. MM, Ketua DPRD Kab. Solok,  H. Hardinalis, SE, MM, Anggota DPD RI, H. Novi Candra, SE, Ketua TP PKK Kab. Solok, Ny. Desna Devi Gusmal, Ketua GOW Kab. Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kab. Solok, Camat se Kab. Solok, Forkopimda Kab. Solok, Pimpinan Instansi Vertikal terkait dan Bundo Kanduang. ** Rhian\Doni\Hms

1445 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*