Rektor IPB Dr. Arif Satria, S.P, M.Si: Revolusi Industri 4.0 Rubah Aspek Kehidupan dan Peradaban Manusia

Prof Ganefri menyematkan pin kepada Rektor IPB, Dr. Arif Satria, S.P, M.Si.
Prof Ganefri menyematkan pin kepada Rektor IPB, Dr. Arif Satria, S.P, M.Si.

Padang, Editor.- Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan revolusi ekonomi, sehingga merubah segala aspek kehidupan dan peradaban manusia. Terjadi juga disrupsi pendidikan, transportasi, kesehatan, maka kurikulum enterpreunerahip sangat penting di perguruan tinggi.

Hal itu diungkapkan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Arif Satria, S.P, M.Si saat memberi kuliah umum tentang Pengembangan Pendidikan Tinggi (PT) di Era Revolusi Industri 4.0. di depan pimpinan dan dewan dosen UNP, di lt4 Rektorat UNP, Kampus Air Tawar, Padang, Kamis (18/7)

Menurut dia, di Era Revolusi Industri 4.0, saatnya pimpinan universitas dan fakultas, jurusan dan para dosen selingkungan Universitas Negeri Padang (UNP) memediasi dan memfasilitas para mahasiswa dengan penguasaan skill dan soft skill, seperti karakter jujur dan kedisiplinan.

“Revolusi Industri 4.0 adalah ditandai dengan revolusi ekonomi, sehingga merubah segala aspek kehidupan dan peradaban manusia. Terjadi juga disrupsi pendidikan, transportasi, kesehatan, maka kurikulum enterpreunerahip sangat penting di perguruan tinggi. D Era Revolusi Industri 4.0 suka tidak suka dibarengi oleh perubahan perilaku dan gaya hidup. Untuk itu, lulusan UNP mesti memiliki skill sebagai pembelajar yang baik, artinya alumnus memiliki kompetensi tecnopreunership dan sosiopreneurship,” lanjut Arif Satria.

Di sisi lain tambahnya, Rektor UNP, Prof Ganefri mesti menagih hasil penelitian para dosen UNP, dan harus ada hilirisasi riset. Satu hal yang perlu dikembangkan adalah kejelasan manajemen inovasi dan inovation apps agar mudah diketahui masyarakat global.

Pada kesempatan itu Rektor Prof Ganefri mengatakan saat membuka kegiatan itu mengatakan, UNP akan banyak belajar dari model pengembangan inovasi di IPB, karena memasuki revolusi industri 4.0 Perguruan Tinggi di Indonesia memasuki persaingan global yang kompetitif, maka diperlukan manajemen perubahan yang jelas.

“Belajar dari pengalaman IPB dalam pembelajaran, mahasiswa harus berangkat dari problem solving, karena itu mahasiswa lebih terampil dalam mencari data dan akhirnya IPB berhasil mengembangkan literasi ICT dengan media internet untuk jadi pembelajar yang baik,” ujar Prof Ganefri

Pada kuliah umum ini selain dihadiri Senat Universitas, Dekan, Ketua Lembaga, Ketua LP2M, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Kepala UPT,  Selingkungan Universitas Negeri Padang juga turut hadir Wakil Rektor 1, 2, dan 4.

Dipenghujung acara Rektor Prof Ganefri didampingi para Wakil Rektor menyerahkan cenderamata, yang diawali dengan penyematan pin kehormatan kepada Rekto IPB Dr. Arif Satria dan sesi foto bersama. ** Humas UNP/Agusmardi

1026 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*