Peringati HUT Kab. Solok ke 106, Lomba Ayam Kukuak Balenggek Digelar

Lomba Ayam Kukuak Balenggek di Kab. Solok.
Lomba Ayam Kukuak Balenggek di Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- Pemerintah Kab. Solok sangat antusias dan bangga menjadikan salah satu unggas yang langka ini sebagai maskot fauna Kab. Solok, hal ini dapat dilihat di Tugu Ayam kukuak Balenggek yang ada di taman depan Kantor Bupati

“Diharapkan dengan Lomba Yam Kukuak Balenggek ini dapat mendorong tumbuh kembangnya penangkar ayam kukuak balenggek, serta melestarikan budidaya ayam kukuak balenggek ini. Kepada kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prop. Sumbar agar juga membentuk UPT untuk pemeliharaan ayam kukuak balenggek di Kab. Solok,” kata Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM saat meresmikan Lomba Ayam Bukuak Balenggek di Halaman Kantor DPRD Kab. Solok, Senin (8/9).

Sebelumnya panitia pelaksana kegiatan yang juga Kadis Pertanian Kab. Solok, Admaizon melaporkan, Lomba Ayam Kukuak Balenggek yang dilaksanakan ini berskala Propinsi Sumbar. Peserta berasal dari beberapa kab/kota di Prop. SUmbar dan juga dari daerah Riau. Kegiatan ini dlaksanakan dalam rangka melestarikan plasma nutfah yang bernilai tinggi.

“Dinas Pertanian Kab. Solok memfasilitasi pembentukan Asosiasi Ayam Kukuak Balenggek (AKB) Kabupaten Solok dan kategori yang dilombakan ada 2, yaitu boko dan landiak,” jelas Admaizon.

Hadir pada kegiatan ini, Bupati Solok, H. Gusmal. SE. MM, Kadis Pertanian Kab. Solok, Admaizon, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Prop. Sumbar, Erinaldi danKadis Perhubungan Prop. Sumbar, Heri Nofiardi. ** Rhian/Doni/Hms

1201 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*