Pengawasan dan Keselamatan Pelayaran di Sinjai Terus Ditingkatkan

Pembahasan keselamatan pelayarandi Kab. Sinjai.
Pembahasan keselamatan pelayarandi Kab. Sinjai.

Sinjai, Editor.- Penandatanganan perjanjian kerjasama  antara Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Perhubungan dengan Syahbandar berlangsung  di Aula Pertemuan PPI Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai yang berlangsung 16 Juli lalu.

Setelah seminggu penandatanganan tersebut baik dari pihak Syahbandar maupun Polairud sudah melakukan pengawasan.

Tarmadi, salah seorang staf di Kantor Syahbandar mengatakan bahwa pengawasan sudah ada peningkatan karena kita tidak hanya fokus pada kapal itu saja masih ada kapal speed boat yang belum masuk datanya ke jasa rahardja.

“Nah pengawasannya itu kita tingkatkan nanti setelah dokumen persyaratannya komplit baru kita ikutkan dan hingga saat ini baru 3-4 kapal speed boat yang baru selesai administrasi”, ungkap Tarmadi.

Sedangkan dari pihak Dinas Perhubungan sendiri, Ir.Nasrul, Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut mengungkapkan 10 kapal terdaftar pendistribusiannya  baru awal bulan berlaku. Meski  begitu pihaknya tetap mencoba agar dari 10 itu  bisa bertambah.Dengan progres kerjasama ini dimana keselamatan  penumpang terjamin, dari sisi kontrol pemerintah lebih mudah memberitahu tentang standar pelayaran kepada para operator  transportasi.

Sementara itu, dari pihak Polairud, Maskur mengatakan bahwa pihaknya hanya di undang di acara progres perjanjian penandatanganan antara Dinas Perhubungan dengan Jasa Raharja dan anggota kami hanya di tugaskan untuk mengawasi.Menurutnya, dengan adanya perjanjian tersebut sangat bagus karena dengan begitu para pengusaha kapal sudah ada jaminan berupa asuransi jika ada kejadian di laut yang tidak di inginkan.

Kepala Dinas Perhubungan A. Irwansyahrani Yusuf, S.STP, M.Si mengatakan bahwa sampai saat ini  masih tetap 10  kapal karena kapal speed besarannya belum disepakati oleh pihak jasa rahardja dengan operator.

Ia mengharapkan  agar semua pihak   regulator baik Dishub, Syahbandar dan Polairud semakin meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan pelayaran mulai dari ketersediaan pelampung, alat alat informasi termasuk nahkoda kapal besertifikasi serta memperhatikan  jumlah penumpang sesuai kapasitas kapal. ** Rasyid/KKL UIN

936 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*