Liputan Khusus: Payakumbuh Naik Peringkat di MTQ Nasional Ke-38 Tingkat Sumbar

Wako Solok Zul Elfian menyerahkan hadiah buat kafilah Kota Payakumbuh.
Wako Solok Zul Elfian menyerahkan hadiah buat kafilah Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Kota Payakumbuh, kembali menunjukkan keseriusannya untuk meningkatkan prestasi dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Target memperbaiki peringkat tersebut merupakan keinginan semua pihak untuk dapat  segera terwujud.

Wako Riza Falepi bersama Bupati Pasbar, Syahriran dan Wako Sawahlunto, Deri Asta saat mengahdiri MTQ Nasonal Tingkat Sumbar ke 38.
Wako Riza Falepi bersama Bupati Pasbar, Syahriran dan Wako Sawahlunto, Deri Asta saat mengahdiri MTQ Nasonal Tingkat Sumbar ke 38.

Kali ini di MTQ Nasional ke-38 yang diadakan di Kota Solok 14 hingga 22 Juni 2019, kafilah kota Payakumbuh akhirnya berhasil mewujudkan harapan itu dengan meraih posisi di jajaran sepuluh besar tingkat Sumbar, tepatnya diperingkat delapan dari 19 kabupaten/kota di provinsi ini.

“Alhamdulillaah, Kota Payakumbuh bertengger diposisi delapan dengan jumlah poin 27,” ungkap Wakil Walikota Erwin Yunaz didampingi Sekretaris Daerah, Rida Ananda, di Lapangan Istiqlal Park, kota Solok, Jum’at malam (21/6) usai acara penutupan MTQ ke-38.

Pimpinan dan sebagian kafilah Kota Payakumbuh.
Pimpinan dan sebagian kafilah Kota Payakumbuh.

Dikatakan Wawako Erwin Yunaz, prestasi ini bisa dibilang sebuah peningkatan, sebab pada MTQ dua tahun lalu di kota Pariaman, Kota Randang berada di posisi kesepuluh.

“Pada MTQ kali ini, prestasi Payakumbuh mengalami peningkatan jika dibandingkan MTQ ke-37, dua tahun lalu di kota Pariaman, yang mana kita berada di peringkat 10,” kata Wawako Erwin.

Sementara itu, Kota Padang yang selama ini mendominasi sebagai kampiun, kali ini berada di posisi kedua dengan poin 65 dan posisi pertama direbut oleh Kabupaten Tanah Datar dengan 77 poin.

Untuk posisi ketiga dan keempat masing-masing disabet oleh Kato Pariaman dengan 60 poin dan Kabupaten Padang Pariaman dengan 57 poin. Tuan rumah, Kota Solok, berada di posisi kelima dengan raihan 44 poin.

Selanjutnya posisi keenam ditempati oleh Kabupaten Agam dengan perolehan 42 poin, posisi ketujuh Kota Bukittinggi dengan jumlah poin 35, kesembilan Kabupaten Pasaman jumlah poin 23 dan peringkat 10 ditempati oleh Kabupaten Sijunjung 22 poin.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang menutup iven tingkat Sumbar tersebut memberikan apresiasi yang tinggi dan mengatakan penyelenggaraan MTQ ke-38 di Kota Solok lebih transparan dan merupakan salah satu bentuk persiapan daerah dalam menghadapi MTQ tingkat nasional pada 2020 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Kafilah Kota Payakumbuh.
Kafilah Kota Payakumbuh.

“Kami mengapresiasi kota Solok atas kesuksesannya dalam menyelenggarakan MTQ ke-38 hal itu berpatokan pada sistem yang cukup transparan dan dengan tidak adanya masalah yang signifikan selama kegiatan. Dan kami berharap, kita langsung bersiap untuk menyonsong MTQ Nasional tahun depan,” katanya.

Menurut Kepala Bagian Kesra. Ul Fakhri, yang didampingi Kasubbag. Kesos. Wirman, kontingen kafilah kota Payakumbuh pada MTQ Nasional ke-38 sebelumnya berhasil masuk babak final pada 9 cabang. Dengan hasil yang cukup gemilang dimana sejumlah cabang pada partai puncak mampu meraih hasil maksimal.

Cabang-cabang yang meraih juara tersebut di antaranya 4 (empat) peringkat satu; disumbangkan dari lomba Tilawah Taman Kanak-kanak (pi) atas nama Zellia Puteri Rifani, Hifzhil 5 Juz Non Tilawah (pa) atas nama Abdul Karim Amarullah, kemudian cabang Fahmil Quran (pa) atas nama (Muhammad Dhonan Latif, M. Harun Arrasyid, Muhammad Al Hafidz) dan Romico Putra pada cabang Bintang Qasidah Dewasa (pa).

Selanjutnya satu peringkat dua dipersembahkan oleh Bintang Qasidah Anak-anak (pi) oleh Azizatul Fitriyah. Dan 4 (empat) peringkat tiga dari cabang Hifzhil 5 Juz NonTilawah (pi) atas nama Naila Aisha Fitriani, Hifzhil 30 Juz (pi) Citra Mardatillah, Fahmil Qur’an (pi) atas nama (Diang Kumala, Hanifah Dhiyaulhaq, Viona Vonilihani) dan terakhir dari cabang Bintang Qasidah Anak-anak (pa) Devon Trinaldi. ** Yus/Adv

1282 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*