Kecamatan Limo Kaum Gelar Musrenbang

Batusangkar, Editor.- Dua anggota DPRD Tanah Datar dari dapil IV Hafitrizal, MRTS dan Dra. Donna beserta Wakil Bupati Tanah datar Zuldafri Darma menghadiri acara Musrenbang Kecamatan Limo Kaum,  Senin (4/4) bertempat di Aula Kantor Camat Limo Kaum.

Hafitrizal  yang diminta pandanganya  dalam musrenbang tersebut  mengatakan, kerena keterbatasan dana pokir (pokok pikiran) dari  anggota DPRD, maka tidak semua nagari yang ada kecamatan Limo Kaum  kebagian dana pokir untuk   tahun 2019 ini. Namun untuk  tahun 2020 bagi nagari yang belum memperoleh dana tersebut akan diprioritaskan .

Tujuan dari  dana pokir  tersebut adalah untuk membantu pemda Tanah Datar  bila ada  nagari  yang  tidak tersentuh pembangunan. Maka  anggota DPRD akan mengarahkan dana porkir itu ke nagari yang tidak tersentuh pembangunan  guna dimanfaatkan untuk berbagai pembangunan di nagari.Kita tau  PAD Tanah Datar  hanya  Rp 146 milyar  serdangkan  APBD  Tanah Datar untuk tahun 2019 ini sebesar Rp 1,3 trilyun.70% telah habis untuk biaya barang dan jasa serta gaji ASN dan yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan bagi nagari-nagari hanya 30% saja

Mengingat  pemilu pilres dan pileg serentak semakin dekat, hendaknya masyarakat kecamatan Limo Kaum yang telah mempunyai hak  agar bisa mempergunakan haknya untuk memilih,dalam hal ini pemilih harus cerdas  dalam memilih  dan tidak golput karena satu suara sangat beguna untuk pembangunan bangsa. Dan kalau ada beda pilihan jangan lah dipermasalahkan betul walaupun dalam keluarga kita sendiri,ujar Hafitrizal

Wabup Zuldafri Darma yang juga tokoh masyarakat Limo kaum dalam sambutannya mengatakan, saya menilai komunikasi dan kordinasi camat dengan wali nagari selama ini cukup bagus. Dengan dilaksanakannya musrenbang ini seluruh asulan dari wali nagari akan dibicarakan dan akan di bawa pada Musrenbang Kabupaten.

Untuk itu camat diharapkan bisa berkoordinasi dan juga melobi tim musrenbang kabupaten, karena tim musrenbang kabupaten lebih mengetahui apa-apa saja yang menjadi skala prioritas pembangunan yang ada dinagari.

“Bupati dan wakil Bupati  dalam hal ini tidak mengetahui. Maka dari itu pak camat harus melobi tim kabupaten yang menghadiri acara musrenbang ini karena suaranya banyak, sedangkan wakil bupati suaranya hanya satu, “ ujar Zuldafri darma dengan berseloroh.

Selanjutnya Zuldafri Darma mengataka, dalam membahas musrenbang, tentu kita telah membuat perencanaan matang, karena perencanaan bagus merupakan separoh keberhasilan. Kalau perencanaan sesat maka gagal lah realisasi pembangunan. Dalam musrenbang ini kita harus  berpedoman kepada RPJMD (Rencana pembangunan jangka menengah daerah) Tanah Datar.

“Pada kesempatan ini kami pemerintah daerah menyampaikan kepada masyarakat  Limo Kaum yang mana pada tahun ini pemerintah propinsi akan membangun jalan dua jalur mulai dari Pariangan sampai ke kota Batusangkar. Dalam pembangunan ini tentu ada dampaknya kepada masyarakat. Seperti ada halamannya yang terpotong , ada pagarnya yang terbongkar, ada tanamannya yang tertebang dalam hal ini pemerintah akan memberikan ganti rugi. Untuk itu saya mengharapkan pak camat,wali nagari bisa mensosialisasikan ini kepada masyarakat  di masing-masing wilayahnya,” harap Wakil Bupati

Sebelumnya Camat Limakaum Afrizal Ayah menjelaskan, prioritas pembangunan di kecamatan Limo Kaum yang diusulkan oleh masing-masing nagari untuk tahun 2020 dan juga menyoroti  adanya  Silpa yang besar di  nagari-nagari. Untuk itu ia  meminta kepada para wali nagari agar bisa menyikapi penggunaan dana. Sehingga dana nagari bisa digunakan untuk kepetingan pembangunan nagari.

Disamping itu Afrizal meminta kepada wakil Bupati  dan juga kepada anggota DPRD Tanah Datar  yang berasal dari Dapil IV untuk bisa mengangarkan dana perbaikan gedung pertemuan dan Mushala kantor Camat yang saat ini  keadaannya sangat memprihatinkan.

“Kalau terjadi gempa satu kali lagi gedung pertemuan ini dan mushala akan roboh menimpa kantor camat. Kalau tidak bisa anggaran pemda kita mengharapkan dana pokir dari anggota dewan,” harap Afrizal Ayah.

Musrenbang dihadiri ketua tim musrenbang kabupaten Zulkifli, Dinas kesehatan, Kadisdik Riswandi, Kadinas Dukcapil, Kadinas PUPR, Forkopimca Limo Kaum, walinagari, Sekretaris pertanian Tanah Datar ,Kepala –kepala Sekolah yang ada di kecamatan Limo Kaum,pimpinan BUMD/BUMN  dan juga dari IAIN Batusangkar. **Jum

1079 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*