Irfendi Arbi, Gerakan Hidup Sehat Jangan Hanya Jadi Slogan Tanpa Makna

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, MP bersama Kepala Dinas Kesehatan Sumbar memberikan bantuan kepada Kawasan Rumah Pangan Lestari kepada KWT Bukik Limbuku.
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, MP bersama Kepala Dinas Kesehatan Sumbar memberikan bantuan kepada Kawasan Rumah Pangan Lestari kepada KWT Bukik Limbuku.

Limapuluh Kota, Editor.-    Mengambil momentum Jambore  Saka Bhakti Husada 2019, bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, MP canangkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat. Pecanangan yang dihadiri Kadis Kesehatan Sumbar diwakili dr. Desra Elena itu berlangsung di Sarah Bunta –Lembah Harau kecamatan Harau Sabtu (29/9).

Dihadapan ratusan peserta Jambore Saka Bhakti  Husada 2019,  bupati minta  semua pihak yang mengerti akan kesehatan harus menjadi pelopor gerakan hidup sehat. Justru itu dinas kesehatan harus tampil kedepan untuk mengajak sekaligus memberikan educasi kepada masyarakat apa dan bagai mana hidup sehat itu sendiri,  sehingga gerakan ini betul membuahkan hasil tidak hanya slogan tanpa makna.

 “Kegiatan Germas kesehatan ini harus tetap berjalan, justru itu dinas kesehatan harus selalu mengevaluasi  terutama kendala yang dihadapi , langkah yang telah dilakukan serta solusi kedepanya bagaimana yang pada akhirnya gerakan ini melahirkan kesadaran hidup sehat di tengah masyarakat,” tegas bupati dalam kesmepatan itu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat yang diwakili dr. Desra Elena dalam kesempatan yang sama menyambut baik pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat yang dilakukan bupati bersama jajaranya, sehingga gerakan ini dapat menyentuh semua lapisan masyarakat dan disinilah peran dan fungsi dinas kesehatan sebagai liding sector sebagai penggerak untuk suksesnya gerakan ini.

“Mari libatkan seluruh kader Yandu yang ada di Nagari untuk berperan sebagai penyambung lidah bupati dalam mensukseskan gerakan masyarakat hidup sehat ini, sebab tanpa bantuan mereka niscaya tangan-tangan trampil dilingkungan dinas kesehatan yang sangat terbatas sulit menyangkau 79 nagari yang ada di luak nan bungsu ini,” ajaknya dalam kesemaptan itu.  

Dalam kegiatan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup sehat ini juga dilakukan penanda tangan komitmen bersama bupati dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPS) di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, sehingga program yang menyentuh semua lapisan masyarakat ini diharapan mampu meningkat angka harapan hidup masyarakat limapuluh kota rata-rata 60 tahun.

Jambore Saka Bhakti Husada yang beralagsung Sabtu-Minggu itu diikuti 120 peserta dari berbagai instansi dan kecamatan. Jambore diisi dengan berbagai kegiatan berkaitan dengan dunia kesehatan. Disamping menjalin hubungan silaturrahmi antar anggota saka,  jamboree ini sekaligus merupakan wahana komunikasi, informasi dan silaturrahim sesame anggota saka Bhakti husada.

Ikut hadir ketua gerakan PKK Limapuluh Kota Monalisa Irfensi Arbi yang sekaligus memberikan motivasi kepad anggota saka bhakti husada di lingkungan Pemda Limapuluh Kota itu dengan mengajak masyarakat melakukan pola hidup sehat antara lain dengan tidak merokok, mengkonsumsi makan bergizi serta berolahraga secara teratur terutama bagi telah berusia lanjut, untuk betul memperhatikan kesehatannya secara ritun dengan berkonsultasi dengan dokter.** @frimars

639 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*