DPRD Sumbar Minta Kebijakan Menjadikan Jl. Khatib Sulaiman Areal CFD Ditinjau Ulang

Arkadius.
Arkadius.

Padang, Editor.- Pemerintah provinsi Sumatera Barat berencana menjadikan jalan Khatib Sulaiman Kota Padang sebagai kawasan Car Free Day ((CFD). Kalangan DPRD meminta rancana ini ditinjau kembali oleh Pemprov.

Menurut Wakil Ketua DPRD Sumbar Ir Arkadius Dt Intan  Bano, upaya menjadi jalan Khatib Sulaiman sebagai kawasan CFD sama sekali belum dikonsultasikan oleh Pihak Pemprov ke DPRD Sumbar. Seharusmya untuk menjadikan   jalan Kahtib Sulaiman menjadi daerah CFD butuh kajian yang lebih mendalam. Meski baik untuk masyarakat namun jangan sampai menggangggu kepentingan umum.  

Jalan Khataib Sulaiman merupakan kawasan yang ditempati oleh beberapa perusahaan besar yang menjalankan operasionalnya  di Sumbar. Salah satunya pusat perbelanjaan dan rumah Sakit. Untuk  itu agar tidak mengganggu aktivitas sejumlah perusahan tersebut, Pemrov Sumbar mesti memastikan jalur yang ada terkoneksi menuju tenpat tempat krusial tersebut. Tidak hanya keberadaan fasilitas umum seperti  Rumah sakit, keberadaan pusat Pelayanan Kenderaan seperti SPBU yang ada di Khatib Sulaiman mesti jadi pertimbangan menjadikan jalan tersebut sebagai kawasan CFD. Ini bisa membuat kenderaan yang ingin mengisi bahan Bakar BBM menjadi kesulitan.

“Setiap kebijakan yang diambil oleh pihak pemprov mesti dikonsultasikan terlebih dahulu ke DPRD, begitu juga kebijakan CFD ini seharusnya memperhatikan sejumlah Aspek,” tegas Arkadius.

Sementara itu Apris anggota DPRD Sumbar juga mengatakan, jalan Khatib Sulaiman merupakan akses utama untuk menjalankan aktivitas, jika ingin membuat CFD jangan sampai menghambat mobilitasi masyarakat yang mempunyai kepentingan laian.

Kita menghimbau, ketika akan diadakan pusat keramaian jangan dilaksanakan pada jalan raya. Biarkan jalan menjadi Infrastruktur penunjang mobilisasi masyarakat.  Kota Padang sudah memmiliki beberapa kawasan untuk CFD, seperti GOR Agus salim Padang, Kawasan sepanjang Danau Cimpago. Kawasan itu tidak pada jalan utma dan dapat ditata sebabagi daerah CFD.

“CFD memang aktivitas yang positif memberikan ruang bagi masyarakat  untuk menikmati udara pagi dan menghabiskan waktu  bersama keluarga. Idealnya kegiatan ini jangan pada jalan utama,” kata Apris dari Fraksi Nasdem ini. ** Herman

1339 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*