Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Adakan Pelatihan Parenting

Pelaksana pelatihan Parenting di Payakumbuh.
Pelaksana pelatihan Parenting di Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Peranan orang tua terhadap masa depan anak,terutama dalam pendidikan sangat di butuhkan. Jam belajar di sekolah saja tidak mampu membentuk pola pikir anak sesuai yang di harapkan.

Untuk itu Dinas pendidikan kota Payakumbuh adakan Pelatihan Pola Asuh orang tua terhadap anak (Parenting) bertempat di Aula SKB Rabu (6/3/19).

Pelatihan Pola Asuh orang tua terhadap anak (Parenting) ini diikuti 150 Peserta terdiri dari orang tua siswa SD dan SMP se kota payakmbuh.

Acara ini di gelar dengan sistem interaktif dengan  narasumber Dr.Yessy Dari jakarta Sehingga suasana terlihat akrab. Dan tidak ada rasa jenuh peserta dalam mengikuti seminar ini.

Pelatihan parenting ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion. Dalam sambutannya agustion mengatakan orang tua siswa harus lebih memperhatikan sikap dan perilaku anaknya ketika berada dirumah. Begitu juga dengan pergaulannya di luar rumah. Karna pendidikan anak tidak bisa optimal jika hanya dilakukan oleh guru di sekolah. Pada zaman yang sangat berkembang pesat ini, jika tidak hati-hati dalam mengarahkan pergaulan anak kita di luar, akan menjadi masalah dikemudian hari yang akan menimbulkan penyesalan.

“Saat sekarang ini, saya banyak melihat siswa SMP yang memakai baju seragam sekolah  berboncengan di sepeda motor dengan gaya seperti seseorang yang sudah berstatus suami istri,” ungjap Agustion.

Untuk hal ini, kita harus tegas mengarahkan anak. Karna sudah tidak sesuai dengan norma terutama dengan norma agama yang harus sangat kita tanamkan kepada anak-anak kita,” ujarnya

Selanjutnya agustion berharap dengan adanya pelatihan parenting ini, para orang tua dapat mengontrol dan mengarahkan anak-anaknya dengan lebih baik lagi,sehingga tidak hanya membebankan pengajaran kepada guru di sekolah.

 Kita berharap siswa siswi kita menjadi generasi yang berakhlak mulia untuk kemajuan dimasa yang akan datang.

Turut hadir dalam acara pelatihan parenting Ny.Henny Riza Falepi selaku bunda paud kota payakumbuh.

Henny mengatakan, jangan melihat anak kita dari raport atau nilai saja. Kita harus ada kesadaran bersama untuk membuat anak-anak kita menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan harapan kita generasi kita dapat mengikuti perkembangan zaman dan berprilaku sesuai dengan usia dan status mereka sebagai pelajar.

Kita mulai menjadikan anak anak kita  generasi yg berakhlak mulia.Diharapkan dengan kegiatan parenting ini akan bersinergi dengan masyarakat dan keterlibatan orangtua terhadap murid.

Selama ini selalu siswa yang jadi objek transfer ilmu sedangkan orang tua hanya bertindak selaku fasilitator kebutuhan materi anak. Setelah acara ini di harapkan meningkatkan harmoni orang tua dan anak di dalam keluarga serta meningkatkan kontrol orang tua terhadap anak dalam keluarga dan lingkungan, kata Henny

“Saya ingin program anak berakhlak mulia diajarkan keselurahan di payakumbuh untuk lebih dekat dengan Allah dan melibatkan semua harapan kita dengan Allah SWT,” pungkas Henny

Titin burhan (35) selaku orang tua wali murid yang ditemui saat pelatihan  dengan sangat antusias mengapresiasi acara ini. “Kami sangat mendukung acara ini, banyak hal hal yang baru dan menarik dari Parenting ini. Kebanyakan adalah hal hal sederhana yang terlupakan dalam keluarga padahal efeknya sangat krusial”terangnya. ** Yus

1372 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*