BSSN Sosialisasikan Sertifikasi Elekronik dan Tanda Tangan Digital

Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikasi Elekronik dan Tanda Tangan Digital di Bausangkar.
Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikasi Elekronik dan Tanda Tangan Digital di Bausangkar.

Batusangkar, Editor.- Kasi Pemenuhan Teknis Sistem BSrE Balai Sertifikasi Elektronik BSSN Eko Yon Handri sosialisasikan Pemanfaatan Sertifikasi Elekronik dan Tanda Tangan Digital dilaksanakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), Rabu (20/2) bertempat di Gedung Indo Jalito.

Sisialisasi tersecut fihadiri Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Sekda Hardiman, Asisten Sekretariat Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, instansi vertikal dan camat se Kab. Tanah Datar/

Eko Yon Handri mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka pemanfaatan era digital dan menciptakan kabupaten pintar. Selain itu dengan berkembangnya Informasi Teknologi (Iptek) saat ini, maka sandi dan siber merupakan hal yang tidak terpisahkan satu dengan lainnya dalam memberikan jaminan keamanan informasi. Hal ini juga didukung Perpres Nomor 53 Tahun 2017 pasal 2 ayat 2 dan terakhir dirobah dengan Pepres Nomor 133 Tahun 2017 yang mana BSSN mempunyai tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan sibe.

Ditrambahkan Eko Yon, penerapan sistim ini kedepan akan menjadikan proses administrasi surat menyurat yang biasanya secara manual akan beralih sepenuhnya dengan sistem elektronik. Adapun keuntungannya adalah  kita akan  dapat menghemat kertas atau paperless karena semua persuratan diproses secara elektronik. Dapat menghemat waktu karena proses disposisi dan tanda tangan surat dapat dilakukan dimana saja tanpa harus berada dikantor selama perangkat terhubung dengan jaringan internet dan aplikasi yang sudah terinstal di perangkat.

Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada BSSN yang melakukan sosialisasi, karena sertifikasi elektronik yang memuat tanda tangan digital di dalam penggunaannya belakangan ini menjadi populer namun masih banyak orang atau instansi yang belum memahami secara jelas dan butuh hakekat, fungsi dan keamanannya apalagi memasuki dunia maya.

Bupati berharap dari sosialisasi ini nanti aplikasi sertifikat elektronik dan tanda tangan digital dapat dilaksanakan kepada perangkat daerah dilingkungan pemkab Tanah Datar. Karena hal  ini akan mengefesiensi waktu, biaya dan tenaga,unkap Irdinansyah.

Drs Abrar Kepala dinas Komunikasi dan Informasi Tanah Datar, saat  ditanya tentang   kesiapan pemkab dengan aplikasi dan sistem tanda tangan digital secara elektronik ini, dia menyatakan,  “Siap tidak siap, kita daerah harus siap karena ini sudah tuntutan undang-undang,Secara aplikasi kita dinas Kominfo sudah siapkan,” tegas Abrar

Ditambahkan Abrar,  apakah itu sipintar, ataupun aplikasi perkantoran dan juga sosialisasi  ini tujuannya adalah  untuk kesiapan kita dalam menghadapi era teknologi. Kedepan kita akan tanda tangani kerja sama dengan BSSN, dan setelah selesai dan aplikasi kita disetujui maka kita akan terapkan sistim tanda tangan secara digital ini di pemerintah Daerah Kabupaten Tanah datar, ujar Abrar. ** Jum

1389 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*