Bersiap Amankan Pemilu dan Pilpres, Polres Tanah Datar Gelar Apel Siaga

Suasana Apel Siaga di Batusangkar.
Suasana Apel Siaga di Batusangkar.

Batusangkar, Editor.- Apel Kesiapan Polri/TNI dan komponen lainya dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota Legeslatif (Pileg) tahun 2019 di pimpin  langsung oleh Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas ,SH  di lapangan Cindua Mato, Jum’at (22/3). 

Apel diikuti 393 personil dari jajaran Polres Tanah Datar, Kodim 0307 Tanah Datar, dinas Perhubungan, Ormas dan utusan Siswa SLTA Tanah Datar bertujuan untuk mengecek kesiapan Polri, TNI dan komponen masyarakat lainnya dalam pengamanan kampanye terbuka dan pemungutan suara pada 956 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Tanah Datar pada Pemilu 2019. 

Dalam sambutan Menko Polhukam Wiranto yang dibacakan Kapolres Bayuaji Yudha Prajas menyampaikan, pelaksanaan Pemilu 2019 menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia karena melaksanakan Pilpres dan Pileg serentak. 

“Sukses tidaknya pelaksanaan Pemilu ini tidak hanya tergantung pada anggota Partai dan masyarakat saja, namun juga dukungan penyelenggara, seperti KPU, Bawaslu dan DKPP dan tentu Polri dan TNI di luar penyelenggara pemilu juga sangat penting peranannya dalam ciptakan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” sampai Wiranto dibacakan AKBP. Bayuaji. 

Selepas apel Kapolres Tanah Datar kepada awak media menyampaikan, 393 personil yang belum termasuk Linmas akan disebar di TPS pada 14 Kecamatan 75 Nagari dan 395 jorong di Tanah Datar. 

“Saat ini situasi dan kondisi di Tanah Datar relatif kondusif, namun selaku aparat penegak hukum, Polri dan TNI selalu siap menghadapi segala ancaman, terutama dalam menghadapi Pemilu ini,” kata Bayuaji. 

Sementara itu Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma kepada awak media dan humas Tanah Datar  setelah apel menyampaikan harapannya  supaya  masyarakat selalu menjaga agar tercipta kondisi yang kondusif dan harnonis di lingkungan masing-masing. 

“Sesuai dengan penyampaian  Kapolres tadi , yang menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga ukhuwah dan silaturahim serta menciptakan suasana harmonis antar sesama, jangan karena politik dan perbedaan pilihan menjadikan kita saling  terpecah belah,baik itu sesama teman ,keluarga dan juga tetangga” ujar Zuldafri Darma. 

 Zuldafri Darma  juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Datar yang sudah mempunyai hak pilih untuk datang ke TPS menunaikan haknya sebagai warga negara. “Jangan lupa datang beramai-ramai ke TPS masing-masing, pilihlah pemimpin baik itu presiden, anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten sesuai keinginan masing-masing,” pesannya. 

Selepas apel, dilaksanakan simulasi penanganan Pemilu serentak 2019 oleh jajaran Polres Tanah Datar, mulai dari kedatangan ke TPS sampai penanganan keributan karena ketidakpuasan beberapa masyarakat atas hasil perhitungan suara. Simulasi tersebut berjalan dengan lancar dan disaksikan oleh masyarkat. ** Jum

1093 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*