Bekerjasama dengan Kemenkominfo, Dinas Kominfo Tanah Datar Gelar Forum Diskusi Publik

Nara sumber sedang memaparkan makalahnya.
Nara sumber sedang memaparkan makalahnya.

Batusangkar, Editor.- Dinas Kominfo Tanah Datar bekerjasama dengan Kementerian Kominfo RI melaksanakan Forum Diskusi Publik Kamis (27/6) bertempat di Hotel Emersia Batusangkar dengan Tema “Penangkalan Hoax Bagi Generasi Muda “.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Ir.Nuryedisman yang dalam sambutannya  menyatakan, kepada pengguna Media Sosial (Medsos) diharapkan agar informasi yang masuk dalam medsos harus diteliti dan disaring terlebih dahulu sebelum dishare (dibagi) ke dunia maya, karena berita  hoax (bohong) menutup informasi yang  benar dan menyebarkan informasi palsu ke tengah masyarakat melalui medsos, seperti Whatsap, facebook, twitter, instagram dan juga  media medsos lain.

“Maka dari itu pemerintah daerah Tanah Datar  mengingatkan kepada  generasi muda supaya tidak terpancing membagikan  informasi yang tidak benar kepada pemilik medsos lainnya  guna menghindari informasi Hoax di tengah  tengah masyarakat. Informasi yang masuk ke medsos kita harus benar -benar kita cek dan ricek sebelum kita mensharengnya kepada yang lain,” ujar Nuryedisman.

Sementara itu Plt. Direktur Pengelola Media Kementerian Kominfo RI Nurlaili dalam arahannya  mengatakan, keterlibatan media sosial saat ini  dapat membantu menyebarkan informasi kepada publik, namun media sosial tersebut bisa juga  menyebarkan hoax.

Saat ini  penyebar hoax  banyak  melalui  media sosial setelah masuk di medsos yang mempunyai medsos menyebarkan lagi kepada orang lain,Sipenyebar tidak bisa mempertanggungjawabkan berita Hoax  tersebut.

“Kalau ada informasi di medsos yang  nara sumbernya tidak jelas maka jangan kita  menshare nya ke dunia maya,”  harap  Nurlaili.

Diskusi Publik ini menampilkan nara sumber dari LIPI Pusat Jakarta, yaitu  Dra. Siti Meiningsih, Kadinas Kominfo Tanah Datar Drs. Abrar dan Pakar Media Sosial Cavin Rubenst Manuputty.

Adapun peserta dari Diskusi Publik ini adalah humas OPD,organisasi kemasyarakatan pemuda,Bundo Kanduang,Persit,Bayangkari dan juga seluruh wartawan baik itu media cetak,Elekronik dan juga media siber ** Jum

1101 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*