Arkadius Ingatkan Tupoksi Anggota Dewan Terpilih

Ir Arkadius Dt Intan Bano Wakil Ketua DPRD Sumbar
Ir Arkadius Dt Intan Bano Wakil Ketua DPRD Sumbar

Padang, Editor.- Wakil Ketua DPRD Sumbar, Ir Arkadius Dt Intan Bano mengingatkan anggota dewan terpilih yang akan dilantik 28 Agustus 2019 mendatang, tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah, sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Hal ini disampaikan Ir Arkadius Dt Intan bano saat penyerahan surat pemberitahuan Calon terpilih DPRD Provinsi periode 2019-2024  lalu di Pangeran Bech Hotel Padang, Kamis (15/8).

Komisi pemiliahan Umum (KPU) Provinsi Smatera Barat, menyerahkan surat pemberitahuan tersebut kepada 65 orang calon terpilih hasil pemilihan umum 2019. Sebelumnya KPU telah menggelar rapat pleno penetapan parpol pemenang dan calon legislatif peraih kursi.

Mengacu kepada UU Nomor 23 Tahun 2014 DPRD bersama pememrintah daerah merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah.Dalam melaksanakan posisi tersebut DPRD memiliki fungsi legislasi,fungsi penganggaran dan fungsi pengawasan ujar Arkadius.

Pada kesempatan ini Arkadius menjelaskan, DPRD memilki tugas membahas dan menetapkan produk hukum yang dibuat pemerintah daerah atau membuat produk hukum dengan memamfaatkan hak usul prakarsa yang dilmilikinya.

Begitu juga dalam hal penganggaran DPRD bersama pemerintah daerah bersama sama menyusun, membahas dan menyepakati  anggaran pendapatan dan Belanja daerah (APBD). ungkap Arkadius yang terpilih kembali untuk periode 2019 -2024 ini.

Sementara dalam fungsi pengawasan DPRD memiliki tanggung jawab mengontrol jalannya pemerintahan daerah dalam melaksanakan program pembangunan yang telah direncanakan. Dalam hal ini pengawasan DPRD berpijak kepada Rancana pembangunan jangka menengah Daerah (RPJMD) dan rancana pembangunan jangka panjang (RPJPD)

Apakah pelaksanaan program kegiatan pembangunan sudah sesuai dengan target yang ditetapkan dalam RPJMD dan RPJPD, ini merupakan bagian tugas DPRD dalam menjalankan fungsi pengawasan.

Arkadius juga menyebutkan, anggota DPRD Sumbar periode 2014-2019 yang terpilih kembaliada 19 orang, satu orang naik kelas ke DPR RI satu lagi terpilih menjadi anggota DPD RI, sementara satu oarang anggota DPRD Sumbar terpilih menjadi anggota DPRD Solok Selatan.

Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat Azwariani menyampaikan,surat pemberitahuan kepada calon terpilih tersebut merupakan rangkaian dari proses akhir pemilihan  umum tahun 2019, sehari sebelumnya KPU telah menggelar rapat pleno penetapan parpol pemenang dan calon terpilih dari masing masing parpol yang akan duduk di DPRD sumbar periode 2019-2024.

Secara umum proses tahapan pemilu berlansung dengan baik ,meskipun ada juga sampai bersengketa di Makamah  konstitusi.Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, parpol dan calon perseorangan peserta pemilu yang telah berkontribusi besar terhadap terselengaranya pemilu yang aman dan tertip di Sumbar. ** Herman  

919 Total Dibaca 5 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*