300 Masyarakat Lintau Terima Kompensasi SUTET

Jaringan transmisi sutet.
Jaringan transmisi sutet.

Tanah Datar, Editor.- Perjuangan Indra Gunalan dan  pemuka masyarakat Lintau beserta 300 orang masyarakat Lintau, menuntut ganti rugi akibat SUTET (Saluran Utama Tegangan Ekstra Tinggi) kepada pihak PLN, yang telah berjalanan beberapa tahun lalu dan juga telah melakukan demo meminta pemerintah daerah bisa menfasilitasi ke Bupati Tanah Datar dan juga ke DPRD Tanah Datar akhirnya membuahkan hasil.

Ke 300 masyarakat terkena jalur SUTET transmisi Kiliran Jao – Payakumbuh sudah mulai dibayarkan  ganti ruginya oleh PLN melalui panitia pembayaran secara bertahap sejak awal Mei sampai dengan Jumat  24 Mei.   

Disamping itu  langsung dibayarkan pula  ganti rugi sebesar Rp350 juta kepada 25 orang penerima di nagari Tanjung Bonai, ujar  Indra Gumalan yang juga Wali Nagari Tigo Jangko serta tokoh masyarakat Lintau kepada wartawan  seusai sholat Jum’at di Masjid Al.Amin Pagaruyung, Jum’at (24/5)

Dijelaskan Indra Gunalan, sebelumnya  telah diserahkan pula ganti rugi oleh PLN  kepada 64 penerima di nagari Tigo Jangko dengan dana sebesar Rp 1,5 milyar dan 40 orang penerima di nagari Taluak Lintau dengan jumlah dana Rp 1 milyar.

”Pasca ganti rugi itu berhasil, hatinya merasa lega dan plong, karena perjuangan bertahun-tahun bersama masyarakat Lintau dalam keadaan  pahit dan getir dan juga adanya  beberapa masyarakat yang pesimis  dan akhirnya  terealisasi juga  dengan dibayarkan pihak PLN secara bertahap. Semoga dana ganti rugi itu bermanfaat bagi penerima,” ujar Indra Gunalan

Ditambahkan Indra Gunalan .Pembayaran ganti rugi  tersebut adalah  ganti rugi untuk berbagai tanaman masyarakat  yang dilalui jalur SUTET tersebut, antara lain pohon karet, kelapa, kayu surian, durian, kulit manis dan tanaman tua lainnya.

Adapun  besaran ganti rugi yang  dimemperoleh  berdasarkan jumlah tanaman yang dilalui SUTET dan ditebang oleh PLN untuk itu ada yang menerima sekitar  Rp 400 ribu s.d Rp 40 juta  perorangnya.

“Dengan telah dibayarkannya ganti rugi tersebut oleh pihak PLN pada Bulan Ramadhan  dan juga menghadapi akirtahun pelajaran kami masyarakat Lintau bersyukur dan bisa dipergunakan oleh masyarakat untuk menghadapi lebaran  dan juga untuk melanjutkan pendidikan,” harap Indra Gunalan. ** Jum

1332 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*