Yulfadri Nurdi, Wali Nagari dan BMN Harus Seiya Sekata

Padang, Editor.-  BMN bukan lembaga legislatif namun adalah lembaga pelaksana fungsi pemerintahan, pembahasan peraturan nagari, penampung aspirasi masyarakat hingga pengawasan kinerja pemerintah nagari. Lembaga yang memiliki fungsi strategis dan berpengaruh terhadap kebarhasilan pembangunan nagari.

Dari itu, diharapkan BMN mampu  menjadi mitra positif bagi wali nagari sehingga bisa dihindari terjadinya mis komunikasi ataupun mis koordinasi dalam pelaksanaan pemerintahan dan dinamika pembangunan di nagari.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH dalam sambutannya pada kegiatan pembekalan bagi Ketua dan Sekretaris Badan Musyawarah Nagari (BMN) se Kab. Solok di Axana Hotel,  Padang, Rabu (1/3).

Lebih lanjut dikatakan, wali nagari dan BMN adalah satu, maka perlu seiya sekata seayun selangkah untuk mewujudkan pemerintah nagari yang maju, mandiri dan sejahtera. Banyak terjadi konflik antara wali nagari dengan BMN karena belum atau kurang paham dengan tugas dan fungsinya.

“Banyak BMN yang belum paham dengan tugas dan fungsinya, sehinga terkesan tidak begitu aktif dalam bertugas. Dengan keberadaan dan kegiatan DPMN saat ini diharapkan mampu mengisi kekosongan tersebut sehingga BMN menjadi lembaga yang berdaya dalam membangun nagari,” kata Yulfadri Nurdin.

Sementara itu ketua pelaksana pembekalan bagi BMN, Medison, S.Sos, M.Si menjelaskan, kegitan pembekalan  ini bertujan memberikan pemahaman serta regulasi bagi Badan Musyawarah Nagari dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap pemerintahan nagari dalam menyelengarakan dan menjalankan roda pemerintahan nagari.

“ Tujuan dari kegiatan pembekalan aparatur nagari ini adalah untuk lebih meningkatkan pemahaman badan musyawarah nagari dalam melaksanakan pengawasan serta penyelengaraan roda pemerintahan nagari sehinga tata kelola keuangan nagari yang tertib, akuntabel dan transparan dapat terwujud dan sesuai dengan kebutuhan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Meidison. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

841 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*