Yufadri Nurdin: Makanan yang Salah, Ganggu Pertumbuhan Anak

Arosuka, Editor,- Keamanan pangan merupakan persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh setiap produk makanan yang akan diedarkan ataupun dikonsumsi masyarakat. Makanan yang salah mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan dan juga terutama gangguan pertumbuhan bagi anak yang mengkonsumsinya.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin dalam sambutannya dalam diskusi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE), Pengawas Obat & Makan (POM) di Ruang Pelangi Arosuka, Senin (23/05). Kegiatan ini dihadiri Kepala Balai POM Prov. Sumatera Barat Drs. Zulkifli, Anggota Komisi 9 DPD RI Dr.H. Syuir Syam, M.Kes, MMR, Wakil DPRD Kab.Solok Septrismen dan    Kepala SKPD lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Wabup, beberapa masalah yang berkaitan dengan keamanan produksi makanan diantaranya, masih ditemukan produk makanan yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanan. Masih rendahya pengetahuan keterampilan dan tanggung jawab produsen makanan tentang mutu dan keamanan pangan. Masih rendahnya kepedulian konsumen tentang mutu dan keamanan pangan.

“Disamping keamanan produk makanan perlu juga kita awasi dan kendalikan adalah peredaran dan penggunaan bahan berbahaya lainnya. Bagi seluruh yang mengikuti diskusi ini, marilah kita serius untuk menjadi pelopor bagi seluruh masyarakat. Bagi seluruh masyarakat Kabupaten Solok, marilah kita sama-sama menjaga bahan pangan yang ada dan ini akan menjadi program unggulan Kabupaten Solok yang kita cintai ini,” kata Yulfadri.

Sebelumnya Kepala Balai POM Prov. Sumatera Barat Drs. Zulkifli laporannya mengatakan, Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Pengawas Obat & Makan (POM) ini bertujuan agar bahan pangan yang kita konsumsi aman untuk masyarakat, Pangan harus aman dari bahan dan zat yang dapat merugikan kesehatan kita sendiri, dan marilah kita sama-sama menjaga bahan pangan agar masyarakat kita terhindar dari penyakit.

“Kami dari Pengawas Obat dan Makanan akan siap bersinergi di Kabupaten Solok yang sam-sama kita cintai ini,” kata Zulkifli.

Pada kesempatan itu Anggota Komisi 9 DPD RI : Dr.H. Syuir Syam, M.Kes, MMR juga mengatakan, tanamlah tanaman yang sehat untuk masyarakat karena saat ini bahan-bahan kimia sangat berbahaya untuk kesehatan dan hindarilah makanan yang tidak menyehatkan.

“Kepada pemerintah khsususnya, marilah kita sama-sama mengingatkan kepada masyarakat. Sebelum terlanjur kita cegah masalah pembudidayaan tanaman yang tidak menyehatkan,” kata Syuir Syam. ** Rhian/Hms 

674 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*