Yudas Sabbagalet Resmikan Jambore PKK Kab. Kepulauan Mentawai

Tua Pejat, Editor.- Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet membuka secara resmi Jambore Keder PKK Prestasi tingkat kabupaten Kepulauan Mentawai di Tua Pejat. Jambore yang berlangsung selama lima hari 23-27 Mai 2016 mengusung tema “Kita Tingkatkan Peran PKK Dalam Menyukseskan Pembangunan” digelar di lapangan bola kaki Km. 8 Tua Pejat.

Dalam sambutan singkatnya Yudas mengatakan, kita harus yakin bisa membangun Mentawai ini dari berbagai sektor. Jika saudara melihat ombak, pantai yang bersih, nyiur melambai dan beraneka ragam ras yang ada, itulah Mentawai. Karena Mentawai mempunyai potensi alam yang bagus dan masyarakatnya yang hidup dengan damai.

Untuk itu Yudas mengajak menyatukan segala keberagaman yang ada itu untuk jadi modal pembangunan dimasa yang akan datang. “Mari kita bersatu memberikan kontribusi yang positif untuk pembangunan ini, mulai dari dusun hingga ke tingkat kabupaten,” katanya.

Yudas menghimbau kepada masyarakat masyarakat untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik selama jambore ini berlangsung.

Jambore kader PKK Prestasi ini diikuti oleh 52 kelompok, dengan 11 jenis lomba dab 5 jenis out bond.Tahun ini lebih banyak kehiatan lomba untuk kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai Rosmaida Sagurung Yudas mengatakan, jambore ini diikuti oleh 10 kecamatan sekabupaten kepulauan Mentawai.Tahun ini merupakan kreatifitas yang sangat tinggi. Kita harus mengapresiasi partisipasi tahun 2016 ini.

Kegiatan ini merupakan moment tahunan atau dalam artian kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Kita berharap setiap kader yang mewakili setiap kecamatan jangan hanya cuma sekedar seremonialnya saja tapi mari kita jalin tali silaturahim. Kami dari Kabupaten memberikan kesempatan kepada kader untuk melakukan perjuangan di daerahnya.

Banyak yang bisa dipelajari dalam lima hari selama jambore ini berlangsung. Diharapkan kegiatan ini bukan hanya sekedar berjalan saja, tapi mari kita tingkatkan untuk kedepannya. Diantaranya penampilan yang sangat baik di pameran.

“Kalau bisa ini dibawa kedaerah masing- masing dan bisa dirasakan oleh masyarakat di daerah itu. Kita melihat setiap stand yang bervariasi dan kita bisa melihat kreatifitas para kader. Dengan kreatifitas yang ditampilkan di stand tersebut kita bisa melihat kearifan dan sumber daya lokal yang ada di Mentawai,” kata Rosmaida Sagurung Yudas.

Meskipun ada beberapa kendala tapi kegiatan di lapangan tetap terlaksana berkat sokongan dana dari Pemkab Mentawai. Ini terbukti kader yang lokasinya jauh yaitu desa Simalegi, berkat perjuangan yang berat dengan cuaca yang ekstrim, akhirnya berhasil juga sampai ke lokasi.

Disini dapat dilihat, desa Simalegi di Siberut Utara ini berhasil mewakili Sumbar pada Jambore PKK tingkat Nasional di Jakarta.

Pembukaan jambore PKK di Mentawai diawali dengan pawai arak- arakan yang diikuti oleh berbagai organisasi, SKPD, pelajar dan Mahasiswa dari Akademi Komunitas Negeri Mentawai dan juga menampilkan barisan Bhineka Tunggal Ika sebagai bukti keberagaman masyarakat yang ada di Mentawai. ** Daniwarti

481 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*