Wawako Padang Emzalmi Setuju SMA/SMK Dikelola Provinsi

Padang, Editor.- Wakil Walikota Padang, Emzalmi mendukung adanya rencana pemindahan pengelolaan SMA/SMK ke provinsi. Menurutnya, jika pengelolaan SMA/SMK dilimpahkan ke provinsi, tentu akan sangat membantu pemerintah setempat, termasuk dari segi anggaran.

“Tentu ada sisi positif dan negatifnya terkait rencana. Namun secara pribadi, saya mendukung penuh hal tersebut,” kata Emzalmi saat audensi bersama anggota Forum Wartawan Parlemen (FWP) DPRD Padang di ruang kerjanya, Selasa (9/8).

Emzalmi menilai, untuk pengelolaan SD dan SMP di daerah saja sudah cukup sulit karena jumlahnya yang banyak. Jika pengelolaan SMA/SMK dipindahkan ke provinsi, tentu Padang sangat terbantu.

“Karena dapat mempermudah urusan di daerah. Apalagi jumlah guru di Kota Padang sangat banyak, sekarang saja mencapai 11.000 orang,”ujarnya

Selain itu, pembinaan guru-guru SMA/SMK perlu dilakukan secara menyeluruh sehingga jika dipindahkan ke provinsi akan memperbesar kemungkinan guru-guru terbaik dapat memiliki jenjang karir yang lebih baik.

“Jadi, guru-guru terbaik nanti juga tidak hanya berasal dari Padang, melainkan daerah lain juga. Kalau sekadar dari kabupaten/kota saja tentu peningkatan karir cukup sulit,” ungkapnya.

Dan saat pengelolaan SMA/SMK dialihkan ke provinsi maka jenjang karir untuk guru akan semakin terbuka. Dan memilki peluang untuk naik ke pusat ataupun ke kementerian.

Sementara, pakar pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Firman di sisi lain menilai, pemindahan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi akan meningkatkan kualitas pendidikan dan mempercepat perkembangan pendidikan Sumbar.

Jumlah SMA/SMK di tiap kabupaten/kota tidak banyak, sehingga jika pengelolaannya digabung akan mampu membuat tiap sekolah berkoordinasi dan saling bertukar informasi.

“Kalau sudah begitu, bisa dipastikan ada implikasi baik untuk kualitas pendidikan di tingkatan tersebut,” katanya.

Namun, pemindahan pengelolaan tersebut jangan sampai mengabaikan peran kabupaten/kota karena pendidikan tetaplah menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat setempat,”tuturnya.** Arman/f

697 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*