Wawako Erwin Yunaz Kukuhkan Pengurus Baru Forum Kota Sehat Payakumbuh

Pengukuhan forum kota sehat Payakumbuh.
Pengukuhan forum kota sehat Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.-  Sebagai bentuk usaha mewujudkan kota sehat, Forum Kota Sehat Kota Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi Kota Sehat dan Pengukuhan Pengurus Forum Kota Sehat Kota Payakumbuh Periode 2020 – 2023 di ruang pertemuan Ngalau Indah lantai III Balaikota Payakumbuh.

Pengukuhan Pengurus dilakukan langsung oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh H. Erwin Yunaz, SE, MM. Dihadir Asisten I, Yufnani Away, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Ifon Satria Chan, serta Kapolres Payakumbuh yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Bresman Simanjuntak.

Wawako dalam arahannya mengatakan bahwa Forum Kota Sehat merupakan wujud gerak pelaksanaan pembangunan terutama di bidang kesehatan, dan ini akan menjadi tanggung jawab semua elemen.

Sebelumnya, kota Payakumbuh telah memperoleh penghargaan Kota Sehat pada tahun 2019 Swasti Saba Wista yang ke 6 kalinya. Pada tahun 2021 kota Payakumbuh akan kembali dinilai untuk yang ke 7 kalinya.

“Harapan kami dengan dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan kerja keras Forum Kota Sehat Kota Payakumbuh, bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan lagi penghargaan yang dimaksud,” ujar Erwin.

Wawako juga menyampaikan, penilaian kota sehat kali ini berbeda dengan penilaian sebelumnya, pada penilaian lama adalah 7 tatanan sedangkan penilaian terbaru meliputi 4 tatanan wajib ditambah dengan 6 tatanan pilihan.

“Untuk itu, dibutuhkan kerja sama, koordinasi, komunikasi dan saling sinergi dalam mendukung kota sehat”, tutur Erwin.

Adapun tatanan yang menjadi penilaian baru kota sehat meliputi, Tatanan wajib terdiri dari, Pembinaan Sarana dan Prasana Umum, Kehidupan Masyarakat Mandiri, Ketahanan Pangan dan Gizi, Pasar, dan Pendidikan serta tatanan pilihan terdiri dari, Kehidupan sosial yang sehat, Transportasi dan tata tertib lalu lintas, Perkantoran dan perindustrian,  Pariwisata, Rumah ibadah, dan Kota pintar (Smart City), jelasnya.** Yus

66 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*