Wawako Erwin Yunaz Canangkan BBGRM di Kota Payakumbuh

Pencanangan BBRGM di Payakumbuh.
Pencanangan BBRGM di Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2019 di halaman Balaikota setempat, Senin (25/11).

Pembukaan BBGRM itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Etwin Yunas didampingi anggota Forkopinda dan kepala SKPD, Camat, Kepala Kelurahan serta LKMD se Kota Payakumbuh.

Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil hasil pembangunan.

Selain itu pelaksanaan kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya gotong royong sebagai budaya asli bangsa Indonesia, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

Menurut Wawako, gotong royong harus kita maknai bukan hanya sebagai slogan, sebatas kata-kata, atau bahkan jargon, oleh karena itu gotong royong harus kita aktualisasikan, kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari, dalam bekerja sehari-hari. Gotong royong harus kita wujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata.

“Memang tidak mudah untuk menjalankan semangat gotong royong di tengah-tengah kecenderungan berkehidupan sekarang, yang semakin individualistis, dan cenderung kompetitif, dan masih banyak dari kita yang menyukai kerja sendiri-sendiri dibandingkan bekerja bersama-sama,” ucap Erwin

Erwin juga menambahkan jika bulan bhakti gotong royong merupakan momentum kita bersama untuk mengingatkan kita semuanya tentang arti penting  gotong royong, terutama generasi penerus yang akan memikul sejarah ke depan.

Kita perlu menanamkan semangat gotong royong kepada anak-anak kita, kepada generasi muda kita, sebab merekalah calon pemimpin masa depan.

“Semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak kita. generasi muda senantiasa bermusyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam bekerja. itulah sebabnya semangat gotong royong harus diajarkan melalui kegiatan praktik-praktik yang nyata dan bukan sekedar wacana,” tambah Erwin.

Diakhir sambutan Erwin mengatakan sesuai dengan Tema BBGRM Tahun 2019 ini yaitu “Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat kita tingkatkan kesadaran akan arti penting gotong royong” Plastik ancaman serius kita, Ayo gunakan secara bijak, Save the earth,” pungkasnya

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny.Henny Riza Falepi mengatakan diharapkan ke depan melihat PKK tumbuh sebagai sebuah gerakan dan lebih berperan lagi jadi ujung tombak yang melaksanakan program-program prioritas pemerintah Kota Payakumbuh di bidang kesehatan, Bidang pendidikan dan program-program kesejahteraan sosial sampai ke akar rumput, sampai ke tingkat paling bawah.

“Melalui BBGRM Tahun 2019 diharapkan semua elemen masyarakat di Kota Payakumbuh dapat bergotong royong untuk berinovasi mengembangkan produk dan teknologi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyakat”,pungkasnya

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan  kepada LPM berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh 2019, Kompetensi Lurah, Serta Kelurahan berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019.  ** Yus

306 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*