Warga Solsel Positif Covid19 Bertambah Dua Orang

Plt Bupati Solsel, A. Rahman saat memberi keterangan.
Plt Bupati Solsel, A. Rahman saat memberi keterangan.

Solok Selatan, Editor.- Dua orang lagi warga Solok Selatan  terinfeksi kasus positif corona, menyebabkan jumlah kasus positif covid di daerah seribu sungai itu bertambah menjadi lima orang.

Mereka satu keluarga, ayah dan anak inisial DA,57, dan RM,22 tahun. Mereka warga Batang Limpaung, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). Berdasarkan 57 sampel swab yang dikirim ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand.

“Keduanya akan di karantina di Balai Diklat Padang Besi, total warga yang positif terinfeksi covid 19 di Solsel bertambah menjadi lima orang,” kata Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, Selasa (12/5).

Lebih lanjut dikatakan, dari 67 orang yang sampel swabnya dikirim, dua orang dinyatakan positiv covid, 9 orang lagi hasil swabnya yang sudah keluar, masih diragukan (inkonklusif). Sehingga harus di uji ulang sampel swabnya di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang, karena hasil yang keluar samar-samar dan butuh pengujian ulang untuk menunjukan hasil yang sempurna. Sembilan (9) orang lagi harus diuji ulang sampel swabnya di Laboratorium Unand. Mudahan saja hasilnya negative.

Menurut informasi dari Gubernur Sumbar, lanjutBupati, DA terinfeksi melalui transmisi lokal (tularan) dari Surian, Solok. Dengan riwayat perjalanan ke Surian, diduga terjadi kontak dengan pasien yang positif covid di daerah itu.

“DA saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Nagari Pakan Rabaa Tengah, KPGD itu, hari ini akan di kirim Balai Diklat Padang Besi,” jelas Ketua Gugus Penanganan Covid 19 itu.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19, Novirman, mengatakan, dari 57 sampel swab yang dikirim Kamis lalu, telah diumumkan hasilnya hari ini oleh tim dokter pengujian sampel swab covid Fakultas Kedokteran Unand Padang.

Dua orang dinyatakan terjangkit positif corona, 9 orang hasilnya masih inkonklusif atau diragukan dan 49 orang hasil swabnya setelah pengujian adalah negatif.

“Jadi dua orang lagi ayah dan anak positif covid, 9 orang lagi hasilnya inkonklusif harus dikirim ulang sampelnya dan 49 orang dinyatakan negatif covid 19,” jelasnya.

Sembilan orang data inkonklusif ini, lanjut Novirman, Rabu (13/5) akan diambil ulang sampel swabnya untuk dikirim kembali ke Labor. Sebab, hasil inkonklusif ini sedikit ada bayang-bayangan mengarah positif dan negatif. Sehingga tim dokter covid menyuruh untuk mengirim ulang kembali. Hasilnya biasanya cepat di umumkan.

Pemkab Solok Selatan telah mengirim 88 orang lagi uji swab untuk dilakukan pengujian di labor, tentu saja berharap hasilnya negatif. Tapi yang menentukan hasil adalah dari uji labor. Pengujian sampel positif biasanya diulangi hingga dua, tiga dan empat kali.

“Kemarin tiga yang terinfeksi positif kasus corona, dan sekarang bertambah dua orang lagi. Kelima yang terinfeksi tersebut, merupakan satu keluarga. Kelima yang terinfeksi ini, satu keluarga. Istri, suami, anak dan mertua perempuan,” tutupnya. **Natales Idra

197 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*