Walikota Sawahlunto Pimpin Kunker ke Pemko Bandung

Bandung, Berita Editor.- Pemerintah Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Bandung yang dipimpin langsung oleh Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf. Rombongan  Kota Sawahlunto diterima oleh Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Rabu (27/09).

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf mengatakan tujuan dan maksud datang ke Pemerintah Kota Bandung untuk mengetahui cara-cara mengamankan wilayah dengan baik. “Mudah-mudahan Pemkot Bandung bisa memberikan kunci-kunci keberhasilan tentang kondusifitas yang ada setiap wilayah,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Ali, kita mengetahui bahwa unsur komunikasi pimpinan daerah di Kota Bandung bisa menjaga kondusifitas wilayah. Maka dari pada itu Pemkot Sawahlunto ingin memiliki cara bagaimana agar di wilayah Sawahlunto lebih baik. “Kota Bandung itu sudah pastilah dengan masyarakat yang banyak dan aktifitas beraneka ragam maka kondisi wilayahnya pun sudah jelas kondusif, maka dari itu kami di Kota Sawahlunto ingin memiliki kondisi tidak jauh beda seperti Bandung,” ujarnya.

Selain kondusifitas, kata Ali, Sawahlunto pun ingin tingkat pariwisatanya semakin maju. Dengan sejumlah tempat rekreasi maupun tempat wisata alamnya, di Sawahlunto pun ingin dimajukan seperti kota Bandung. “Wilayah kami itu cukup sejuk, dengan pemandangan yang asri maka tempat wisatanya pun beraneka macam. Selain itu tempat rekreasi pun menambah daya tarik masyarakat,”tegasnya.

Ditambahkan Ali, selain ke dua hal tersebut, Sawahlunto pun ingin perkonomiannya lebih baik dan meningkatkan. “Dengan tempat wisata yang ada di Sawahlunto, maka perkonomian kita pun bertambah, namun tidak hanya dari tempat seperti itu saja, kami ingin perkonomian maju dengan berbagai aspek,”tuturnya.

Ali berharap, kedatangan kami ke Kota Bandung membawa perubahan untuk pemerintah Sawahlunto, dan ada beberapa aspek yang ingin kami tingkatkan, mudah-mudahan kota Bandung bisa memberikan saran maupun masukan,”ujarnya.

Sementara itu,  Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, Kota Bandung itu memiliki visi dan misi Bandung Unggul, Nyaman dan Sejahtera dengan dikuatkan oleh 3 pilar yaitu Inovasi, Kolaborasi dan Disentralisasi. “Visi misi dan penguatan pilar tersebut memberikan kita semangat yang kuat untuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan demi masyarakat kota Bandung,”tuturnya.

Ditambahkan Oded, hasil dari konsep dan pilar yang ada di kota Bandung maka hasilnya yaitu perubahan yang signifikan. “Bisa dilihat, saat ini pembangunan Kota Bandung semakin baik, diantaranya jalan raya, trotoar, pendestrian maupun taman yang semakin nyaman. Hal ini antara lain karena kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat,”jelasnya.

Selain itu Oded menyampaikan terkait keamanan wilayah, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menjadwalkan dengan adanya rapat Koordinasi. “Hal tersebut sudah rutin dijadwalkan, jadi mau ada atau tidak ada konflik Forkominda rutin melakukan rakor dengan tujuan wilayah kota Bandung aman dan tentram,”tuturnya.

Ditambahkan Oded, untuk ekonomi maupun pariwisata, Kota Bandung memberikan kemudahan- kemudahan bagi masyarakat. Diantaranya jika ingin membuat usaha, masyarakat tinggal meminjam dana ke BPR tanpa bunga sepeserpun. Selain itu untuk ijin usaha di kota Bandung pun dipermudah dengan sistem online. “Dengan kemudahan yang diberikan Pemkot Bandung, maka masyarakat pun bisa lebih mandiri dan berinovasi agar ekonominya maju,”jelas Oded.

Menurutnya, dengan kemudahan yang diberikan, maka masyarakat akan berfikir dan melakukan sesuatu yang baru untuk kemajuan hidupnya.

“Maka dari itu, inovasi di kota Bandung itu hadir dari pemerintah maupun masyarakat yang kreatif. Sehingga dari inovasi yang hadir, unsur pariwisata pun akan berkembang sejalan dengan perubahan yang dilakukan. Itulah kota Bandung dengan kreativitas dan inovasi yang hadir untuk memberikan kemajuan,”pungkasnya. ** Jerry Yosben/Edwandi

648 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*