Walikota Pariaman Mukhlis Rahman Buka Lomba Gandang Tasa Kreasi

Pariaman, Editor.- Kesenian Daerah khas kita, harus dapat kita jaga, pelihara dan lestarikan selalu, karena kalau buka kita yang melestarikannya, maka kesenian kita akan kalah dari kesenian luar yang masuk, sehingga kearifan local yang kita punya, tidak dapat kita pertahankan.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, dalam sambutannya ketika membuka Lomba Gandang Tasa Kreasi antar Sekolah Dasar dan Madrasyah Ibtidaiyah (SD/MI) se Kota Pariaman, bertempat di Pentas Seni Pantai Gandoriah, Sabtu (23/9).

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian khas Kota Pariaman dengan gandang tasa dan tambuanya, sehingga kesenian ini tetap terjaga dan terpelihara, tidak tertinggal dengan kesenian modern yang ada saat ini,” tuturnya.

Ia juga menambahkan lomba gandang tasa kreasi ini juga memberikan wahana bagi anak-anak kita dalam berkreatifitas, sehingga anak-anak kita mampu berkreasi serta melakukan improvisasi, sesuai bakat dan kemampuannya masing-masing.

“Digelarnya acara ini secara tidak langsung akan menimbulkan kecintaan terhadap budaya khas kita, sekaligus merupakan salah satu bagian dari upaya kita untuk menggali dan menggalakkan kembali kesenian tradisional yang ada didaerah kita, sekaligus memberikan ruang positif bagi anak-anak pelajar kita,” tutupnya.

Lomba ini diikuti oleh 50 SD yang memiliki kesenian Gandang Tasa Kreasi, dengan berbagai macam atraksi dan penambahan yang menarik dalam penampilan mereka. Kegiatan ini juga dilksanakan dalam rangkaian Pesona Hoyak Tabuik Piaman tahun 2017.

Hadir dalam acara ini Ketua TP PKK kota Pariaman Reni Mukhlis, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kanderi dan jajarannya sebagai panitia pelaksana, Kadis Pariwisata Efendi Jamal, dan anggota GSK yang turut hadir di kesempatan ini. ** J/Hms.Sgr

612 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*