Walikota Fadly  Amran Launching Smart Water PDAM Padang Panjang

Walikota Fadly Amran, didampingi Wawako Asrul, dan Sekdako, Sony Budaya Putra di ruang monitor PDAM..
Walikota Fadly Amran, didampingi Wawako Asrul, dan Sekdako, Sony Budaya Putra di ruang monitor PDAM..

Padang Panjang, Editor.- Dilaunching oleh Walikota Fadly Amran, PDAM Padang Panjang resmi memprogram dirinya bertransformasi menuju Smart City, Selasa (1/12-2020). Peristiwa itu jadi salah satu kado ulang tahun Kota Padang Panjang yang di awal Desember 2020 itu memasuki usia ke-230.

Tampak hadir di acara ini Wakil Walikota Padang Panjang, Asrul, Sekda Sony Budaya Putra selaku Badan Pengawas PDAM, Hukemri (DPRD), Jevie Carter (mantan Direktur PDAM yang pekan lalu dilantik jadi Sekretaris Dinas Koperindag setempat), beberapa perwakilan bank, unsur pelanggan, dan keluarga besar PDAM sendri.

Laporan PjS. Direktur PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Padang Panjang, Alhadi, ST, menyebut ada beberapa inovasi yang sudah jalan menandatai transformasi sistem kerja ke Smart Water di PDAM Padang Panjang. Inovasi ini, tidak saja berbuah efisiensi di segi kerja/tenaga, tapi juga efisiensi waktu dan biaya.

Di antara inovasi itu, pertama, mengontrol tingkat kejernihan air pada sumber-sumber air yang dikelola dari komputer server di Kantor PDAM, juga handphone. Tampilan live (langsung) kondisi air di sumber air tadi juga bisa dilihat pada layar monitor cukup besar di sisi kiri dari ruang antrian tempat pelanggan membayar rekening air di Lantai-I Gedung PDAM setempat.

Kedua, mengontrol tekanan air pada jaringan perpipaan air PDAM di lapangan juga dari komputer server Kantor PDAM. Berikut, dari komputer server di Gedung PDAM itu juga bisa dilakukan menghidup-matikan mesin pompa air pada sebagian sumber air PDAM yang berlokasi di pinggir Kota Serambi Mekah tersebut.

Selama ini, untuk mengecek tingkat kejernihan air pada sumber-sumber air yang dikelola oleh PDAM di pinggiran Kota Padang Panjang itu dilakukan dengan turun ke lokasi oleh pegawai PDAM. Begitu juga untuk keperluan menghidup-matikan mesin pompa air, dan mengontrol tekanan air pada jaringan perpipaan PDAM di lapangan.

Berkenaan inovasi kontrol tekanan air pada jaringan pipa, mantan Direktur PDAM setempat, Jevie Carter, sebelumnya menyebut memakai box panel otomasi dengan alat arduino dan penunjang lain. Pola kerja alat ini kurang-lebih menghimpun data tekanan air, termasuk kejernihan air, terus dikirim secara online ke komputer server.

Ketiga inovasi tadi merupakan terobosan lanjutan dari perkembangan manajemen PDAM Padang Panjang. Inovasi sebelumnya antaralain pembayaran rekening air secara cashless (lewat bank, e-banking dan Kantor Pos). Karena itu, keramaian antrian pelanggan membayar rekening air PDAM secara manual di Kantor PDAM setempat jauh bekurang.

Terjadinya beberapa inovasi dalam sistem kerja pada PDAM Padang Panjang itu, praktis juga ikut berkontribusi terhadap pengisian capaian program Smart City era pemerintahan Walikota Fadly Amran (2018-2023). Seperti diketahui,  Smart City  merupakan 1 dari 29 program unggulan RPJM 2018-2023 Kota Padang Panjang.

Melihat berbagai perkembangan transformasi teknologi pada sistem kerja di PDAM Padang Panjang itu, Walikota Fadly Amran menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pengelola PDAM setempat. Diharapkan inovasi positif lain juga akan muncul ke depan. Sejalan itu akan terjadi peningkatan pendapatan pada PDAM.

Sementara di segi keuangan, PDAM Padang Panjang era pimpinan Jevie Carter beberapa tahun ini juga cukup menarik. Sebab, PDAM Padang Panjang yang tadi rugi sampai Rp 1 Milyar pertahun, pada 2019 lalu seperti diekspos oleh Jevie Carter ke media, sudah mulai bisa meraih laba, meski belum banyak, yakni sekitar Rp 35 juta. ** Ym/Sheni

173 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*