Wali Nagari Kapuh Distribusikan CBP Secara Merata

Rapat tentang pendistribusian CBP di Kaph.CBP
Rapat tentang pendistribusian CBP di Kaph.CBP

Tarusan, Editor.- Berdasarkan SK Bupati Pesisir Selatan Nomor : 500/602/E-sda/IV 2020. Pendistribusian cadangan beras Pemerintah (CBP) terdampak Covid-19, berdasarkan surat Mentri Sosial RI Nomor: 3 Tahun 2020 tentang penggunaan (CBP) untuk penanganan covid-19 dan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang  terdampak covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan. Disampaikan sebagai berikut :

  1. CBP di distribusikan kepada pekerja informal yang terdampak langsung dengan kriteria, perilaku usaha mikro dan kecil (seperti pedagang lontong, pedagang asongan, pedagang sate, pedagang sayur, bakso, pedagang  disekitar sekolah) pekerja jasa pariwisata (pemandu boat wisata), supir angkutan umum dan supir ojek dengan ketentuan :
  2. Paket yang akan diberikan 9 kg
  3. Penerima paket adalah kepala keluarga yang terdampak langsung covid-19
  4. Kuota untuk tiap-tiap daftar terlampir
  5. Berdasarkan kuota Kecamatan, Camat bersama Wali Nagari dan atau Bamus Nagari menentukan kuota per nagari sesuai kondisi rell dilapangan.
  6. Data pekerja non formal atau penerima CBP mengacu pada hasil pendataan yang dilakukan camat/wali nagari sesuai surat Bupati Pesisir Selatan No. 100/008/GTC/IV/2020 tanggal 4/4/2020.
  7. Camat diminta mengatur teknis pendistribusian dan titik distribusi di Kecamatan atau Nagari kerumah masyarakat terdampak (Penerima CBP) bersama wali nagari atau bamus nagari, serta akan didampingi oleh TKSK atau falitator SLRT diwilayah masing-masing.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Wali Nagari Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Azrino Winata (17/04/2020), jumlah KK yang diusulkan sesuai Kriteria berdasarkan SK Bupati Pesisir Selatan sebanyak  584 KK ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Terkait bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Covid-19  yang dialokasi ke Nagari Kapuh sebanyak 162 paket dengan isi per 9 kg,  mengingat menimbang hal ini tentu menimbulkan keresahan, kericuhan dan permasalahan terhadap masyarakat Kapuh karena tidak seluruh masyarakat diusulkan tidak menikmati bantuan tersebut.

Dari itu Pemerintah Nagari Kapuh bersama Bamus dan unsur terkait, beberapa tokoh masyarakat dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat untuk beras CBP (Cadangan Beras Pemerintah) tersebut didistribusikan secara merata dengan mengutamakan penerima sesuai dengan jumlah daftar yang diusulkan oleh pemerintah Nagari Kapuh.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya kericuhan dan hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pendistribusian ditengah-tengah masyarakat, diambil kebijakan dan memberikan per KK 1 gentang beras kepada masyarakat untuk mengantisipasi permasalahan di dalam masyarakat nantinya.

Ketua Bamus Nagari Kapuh Erimazon membenarkan, bantuan CBP (Cadangan Beras Pemerintah) telah didistribusikan secara merata dan kami telah saling berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Kami sebagai Bamus sangat mengapresiasi Wali Nagari dalam memberikan bantuan Covid-19 CBP (Cadangan Beras Pemerintah) secara merata dan menyeluruh kepada masyarakat dengan mengutamakan jumlah penerima sesuai dengan data yang diusulkan,” jelasnya.

Hal senada juga disampikan oleh Ketua Pemuda Kampung Kapuh Rival Hajizal mengatakan bantuan CBP (Cadangan Beras Pemerintah) telah didistribusikan secara merata dan masyarakat merasa tidak ada permasalahan ditengah-tengah masyarakat atas bantuan tersebut. ** Roni Citra

 

842 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*