Liputan Khusus Kota Payakumbuh: Wako Riza Falepi Apresiasi Semangat Warga Latina Bangun Kampung Tangguh

Wako Riza Falepi.
Wako Riza Falepi.

Payakumbuh, Editor.- Wali Kota Riza Falepi hadir dalam gotong royong massal Camat, TNI-POLRI, lurah, Karang Taruna, dan warga di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) dalam rangka mempersiapkan Kampung Tangguh Nusantara menyongsong Tatanan Normal Baru Produktif Aman Covid-19 (TNBPAC), Sabtu (13/6).

Wako Payakumhuh bersama anggota DPRD Payakumbuh Mawi Etek Arianto dan ketua KAN Kitopanjang sedang berdialog disela sela Goro.
Wako Payakumhuh bersama anggota DPRD Payakumbuh Mawi Etek Arianto dan ketua KAN Kitopanjang sedang berdialog disela sela Goro.

Kampung tangguh yang baru dicanangkan di Payakumbuh, ada 3 (tiga) kecamatan, yaitu Kelurahan Limbukan, Kec. Payakumbuh Selatan, Kelurahan Payobasuang Payakumbuh Timur, dan Kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam di Nagari Koto Panjang, Kecamatan Latina.

Wako Riza mengapresiasi semangat warga Latina dalam mewujudkan kampung tangguh ini, menurutnya ini adalah awal dari gerakan tatanan nomal baru produktif aman Covid-19.

Riza Falepi berharap kampung-kampung tangguh ini dapat menjadi percontohan oleh kelurahan lain, kuat swadaya masyarakatnya.

“Antusias warga Lamposi yang bersemangat menyongsong new normal sangat besar. Kita dari pemerintah berusaha sekuat tenaga bagaimana sesegera mungkin setiap sektor kembali seperti semula. Semoga bisa direalisasikan oleh semua kelurahan lainnya,” ujar Riza.

Dipesankan Riza, camat harus bisa mengajak warga membangun gerakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dimana setiap KK di halaman rumahnya mampu bercocok tanam, meskipun hanya dengan polybag. Atau membuat kolam ikan dari terpal.

“Dalam situasi terpapar Covid-19, masyarakat tidak perlu cemas, berakibat kepada ekonomi. Karena, ketersediaan pangannya sudah tersedia, lewat hasil kegiatan KRPL ini, sekurang-kurangnya, warga punya sayur dan cabe di halaman rumahnya,” jelasnya.

“Kehidupan masyarakat di kampung tangguh, terpelihara semangatnya untuk saling membantu, berbagi informasi dalam berbagai hal dan mampu meningkatkan kepedulian sekaligus menjaga kamtibmas di kelurahan setempat,” simpul Riza.

Sementara itu, Camat David Bachri berkomitmen untuk tetap mangajak masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

“Alhamdulillah Kecamatan Latina saat ini nol kasus positif Covid-19, tentu hal ini harus bisa pertahankan dengan adanya dukungan dari seluruh masyarakat. Selanjutnya untuk kampung tangguh ini kita berharap seluruh kelurahan di Kecamatan Latina bisa diwujudkan,” pungkas Camat muda energik itu.

Anak Nagari Koto Panjang Siapkan Kampung Tangguh

Di Kecamatan Latina, ada dua kelurahan yang digabungkan untuk menjadi satu kampung tangguh, Kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam, dua kelurahan itu tergabung dalam Nagari Koto Panjang. Dalam mempersiapkan Kampung Tangguh tersebut Camat Latina David Bachri bersama Kapolsekta AKP Julianson, jajaran kelurahan, TNI/Polri, dan warga lakukan goro bersama.

Meneruskan pesan Wali Kota Riza Falepi, dikatakan Camat David Bachri, kampung tangguh dicanangkan guna kemandirian warga setempat dalam usaha pencegahan dan penanganan Covid-19. Warga setempat dengan semangat gotong royongnya, ikut berperan serta dalam membantu warga dalam mencegah terpapar dari Covid-19. ** Yus

148 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*