Wako Mahyeldi, KJKS Jadi Penggerak Pertumbuhan UMKM

Padang, Editor.- Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Yunisman hadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) sekecamatan Padang Timur serentak, bertempat di SMK 2 Padang, Minggu (14/1). RAT dalam rangka tutup buku tahun 2017 itu dibuka oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Dalam sambutannya, Walikota Padang mengatakan, KJKS yang berbasis di 104 kelurahan menjadi penggerak penumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekaligus menghadirkan wirausahawan baru di Kota Padang.

“Pengembangan KJKS harus tetap ditingkatkan guna mendorong anggotanya lebih maksimal melirik peluang yang ada untuk pengembangan usaha,” kata Walikota Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, perkembangan KJKS karena didorong oleh perkembangan UMKM yang ada sehingga kedua sektor ini dapat bersinergi meningkatkan kesejahteraan.

“Seiring tumbuh dan berkembangnya KJKS  akan menggerakkan UMKM yang ada. Pelaku UMKM dapat bersinergi dengan KJKS sembari terus memanfaatkan peluang-peluang  usaha dan penegmbangan usaha yang sudah berjalan,” ujar Mahyeldi.

Walikota menekankan, pelaku UMKM yang ada di Kota Padang mestinya dapat meraih peluang yang ada terutama karena berkembangnya sektor perhotelan. Kebutuhan hotel-hotel yanga ada di Kota Padang dapat didata dan diisi oleh produk UKM lokal tentunya dengan menyesuaikan standarnya.

“Kebutuhan hotel di Kota Padang dapat diisi dengan produk lokal dengan memenuhi standar yang ditentukan,” ujarnya.

Dari seluruh KJKS yang ada tersebut, di Kecamatan Padang Timur rata-rata berkembang dengan baik. Dari asset awal yang berjumlah Rp 3 miliar, saat ini mengalami perkembangan hingga seratus persen dengan asset mencapai Rp 6,09 miliar.

Camat Padang Timur Ances Kurniawan menyebut, dalam rangka tutup buku tahun ini pengurus KJKS agar melaporkan pembukuan yang baik. Pengurus juga agar menyampaikan visi untuk 2018.

Adapun dalam rangka mendorong KJKS lebih produktif dalam rangka menggerakkan ekonomi kerakyatan, Kecamatan Padang Timur melakukan penilaian terhadap kegiatan KJKS. Dalam penikaian tersebut KJKS Kelurahan Jati adalah yang terbaik disusul KJKS Kubu Marapalam dan Kubu Dalam Parak Karakah.

“KJKS terus didorong agar berkegiatan produktif guna menumbuhkan wirausahawan baru,” kata Ances. **Arman/Hms

704 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*