Wako Bandung Ridwan Kamil, Pimpin Deklarasi Bandung Untuk NKRI

Bandung, Editor. Walikota Bandung, Ridwan Kamil  memimpin deklarasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deklarasi itu diikuti oleh  ribuan warga berbagai suku, agama, organisasi dan komunitas masyarakat dibawah panasnya terik matahari yang memadati Stadion Siliwangi Bandung, Minggu, (30/10).

Kang Emil sapaan akrab Walikota Bandung ini, dalam orasinya mengatakan kehadiran manusia di muka bumi ini adalah untuk menyatakan hati dan menguatkan niat tentang ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada nusantara dan kesetiaan kepada NKRI serta Pancasila.

sari-ater“Mari kita ikrarkan kesetiaan kita kepada Indonesia yang tanahnya menjadi tempat naungan kita, yang udaranya kita hirup karena sesungguhnya cinta kita adalah cinta kepada sang Maha Pencipta, cinta kepada alam dan tanah air,“ ungkap Ridwan Kamil yang didampingi oleh lima tokoh lintas agama.

Lebih lanjut disampaikan Emil, yang menjadi musuh utama manusia saat ini adalah diri sendiri kita. Mari lawan kebodohan dan kesombongan dalam diri masing-masing dengan kecintaan dan ketaatan kepada Tuhan dan alam.

“Jadilah manusia Indonesia yang memberi bukan memaki-maki, jadilah manusia Indonesia yang tangannya di atas bukan di bawah. Apa pun baju, profesi, agama serta status kita hari ini, kita harus membela NKRI,” ujar Emil yang disambut tepuk tangan warga.

Teks Deklarasi Bandung Untuk NKRI yang dibacakan oleh anak usia sekolah dasar adalah; Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa  kami warga Kota Bandung berjanji:

  1. Menjunjung Tinggi Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI
  2. Menghormati dan Menghargai Perbedaan Suku, Agama, Ras, serta Golongan yang sesuai perintahnya.
  3.  Membela Kebenaran, Keadilan dan Perdamaian.
  4. Gotong Royong Berperan Aktif Memakmurkan Negeri.
  5. Memuliakan Keluarga sebagai Fondasi Utama Menghasilkan Generasi yang kuat.

** Edwandi

 

1025 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*