Wakili Kab. Solok, Batang Barus Dikunjungi Tim Penilai Nagari Berprestasi Sumbar 2016

Lubuk Selasih, Editor.- Dalam rangka persiapan lomba Nagari Berprestasi tingkat Provisi Sumatera Barat, pemerintah daerah Kab. Solok melalui tim evaluasi perkembangan  nagari Kab.Solok tahun 2016, sudah melakukan pemantauan dan penilaian serta evaluasi terhadap pekembangan Nagari.

Dari evaluasi perkembangan nagari tersebut tim menetapkan Nagari Batang Barus Kec. Gunung Talang merupakan Nagari Cepat Berkembang dengan nilai tertinggi yang mewakili Kab. Solok untuk lomba di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Hal itu diungkapkan Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya pada kegiatan penilaian Lomba Nagari Berprestasi oleh Tim Penilai Tingkat I Sumbar di kantor Wali Nagari Batang Barus, Kec. Gunung Talang, Rabu (25/5).

Lebih lanjut dikatakan, tujuan lomba Nagari berprestasi ini bukalah semata untuk menjadi pemenang tetapi yang lebih penting esensial adalah pembinaan. Bagi tim penilai nantinya, bila menemukan adanya kekurangan kiranya dapat diberitahukan supaya segera kami perbaiki dimasa yang akan datang. Dan kepada seluruh SKPD agar memberikan dukungan dan pembinaan yang intensif kepada Pemerintahan  Nagari.

“Kepada tim penilai, kami mengucapkan  terimakasih  dan selamat bertugas untuk memberikan penilaian secara objektif. Semoga apa yang menjadi harapan  kita bersama akan terwujud dengan baik,” kata Gusmal.

Penyambutan Bupati Solok dan Tim Penilai Tingkat Sumbar dengan sirih di Carano.
Penyambutan Bupati Solok dan Tim Penilai Tingkat Sumbar dengan sirih di carano.

Menanggapi apa yang diungkapkan Gusmal, pimpinan Tim Penilai Prov.Sumatera Barat, Mukhlis, SE,M.Si mengatakan, tujuan lomba Nagari Berprestasi ini untuk mengetahui capaian hasil kegiatan pembangunan yang dapat mencerminkan tingkat kemajuan atau  keberhasilan msyarakat, Pemerintahan Nagari serta pemerintahan daerah. Dari itu jadikanlah penilaian lomba nagari berprestasi  ini sebagai motivasi untuk kemajuan masa kedepan, serta sebagai motivasi dan penyemangat untuk nagari lainnya.

“Bagi masyarakat Nagari Batang Barus saya ucapkan selamat telah menjadi pemenang lomba Nagari berprestrasi untuk mewakili Kab. Solok dan juga kepada pemerintahan Kab.Solok yang  telah ikut membina nagari-nagari yang ada,” kata Muchlis.

Pada kesempatan itu Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar memaparkan, Visi dan Misi Nagari Batang Barus adalah mewujudkan  tata kelola pemerintahan Nagri yang baik, bijaksana, santun, serta taat hukum menuju masyarakat sejahtera.

“Keberhasilan sebuah Nagari/Desa serta pemimpin salah satu indikatornya adalah pencapaian target RPJM Nagari. Untuk itu proses pembangunan yang dilaksanakan di Nagari Batang Barus lebih mengedepankan azas musyawarah bersama masyarakat, kepentingan dan kebutuhan rakyat,” kata Syamsul Azwar.

Libih lanjut dikatakan, sebesar apapun masalah yang ada di Nagari Batang Barus, kami selalu musyawarahkan bersama dengan lembaga-lembaga Nagari, BMN, KAN, LPMN dan organisasi lainnya. Apapun program dan sasaran bidang pemerintahan disampaikan secara transparan kepada masyarakat. Termasuk dalam tata kelola anggaran  nagari dan terwujudnya Nagari Batang Barus sebagai Nagari Mandiri dan Online, jelas Syamsul Azwar.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Kepala BPM Drs. H. Khairi Yusri, MM, sejumlah Kepala SKPD, Camat dan Wali Nagari se Kec. Gunung Talang, Kab. Solok. ** Rhian/Hms

990 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*