Wagub Nasrul Abit. Pramuka Harus Terdepan Dalam Pemberantasan Narkoba

Batusangar, Editor.- Pramuka mesti menjadi yang terdepan dalam memberantas nakorba. Saat ini begitu banyak generasi muda kita yang terjebak dan terbawa pengaruh buruk globalisasi. Pramuka dengan nilai-nilai kepribadian yang berkarakter,  berbudi luhur,  sopan, cerdas,  trampil dan teladan menjadi benteng yang kokoh bagi bangsa dan negara Indonesia.

Hal ini disampaikan Wagub Nasrul Abit dalam pembukaan acara Pelatihan Instruktur Muda Gerakkan Pramuka Kwarda se Sumatera Barat,  di gedung Indojalito  Batusangkar Jum’at, (21/4).

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Irdinansyah Tarmizi,  Ketua DPRD,  Kapolres,  Kadis Pemuda dan Olahraga Sumbar,  Kadis Parpora Tanah Datar,  pengurus Kwarda dan perserta 50 orang.

Lebih lanjut Wagub kakak Nasrul Abit menyampaikan,  pramuka merupakan wadah pembinaan mental dan kepribadian generasi muda dalam meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri untuk menjadi pemimpin bangsa dimasa datang.

“Sebagai kader pramuka seyogyanya bersikap santun jujur dan baik,  terutama kepada kedua orang tua,  berilah laporan nilai setiap waktu kepada mereka sebagai bukti pertanggungjawaban  apa apa yang telah dilakukan, sehingga kita menjadi generasi yang bertanggung jawab,  disiplin dan tidak kenal menyerah dalam perjuangan kehidupan mengapai cita-cita,” serunya.

Nasrul Abit juga menyampaikan, adik-adikku pramuka yang penting bagaimana setiap kita selalu dekat dengan agama dan Al Qur’an sebagai bekal kuat untuk dapat membedakan antara baik dan buruk, sehingga diri terpelihara  dari hal hal godaan negatif di era globalisasi saat ini.

“Sosok pramuka itu mesti memiliki prinsip dan kepribadian yang teladan, sopan dan mudah bergaul. Tidak ada sebuah pekerjaan jika dilakukan secara bersama-sama semua akan mudah dan terbuka jalan serta solusi jika ada halangan dan rintangan. Bangun koordinasi, kerjasama dan disiplin itu kunci dari jiwa seorang pemimpin, ” terang Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga mengingatkan, perlunya peningkatan pengetahuan dan mahir berbahasa asing guna meningkatkan daya saing menghadari Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Adik-adik pramuka dalam menghadapi persaingan dan meningkatkan kualitas diri perlu pula meningkatkan pengetahuan dan kemahiran berbahasa asing, sebagai kekuatan jembatan komunikasi antar tamu negara asing yang datang maupun yang berinvestasi di daerah Sumatera Barat. Jika tidak kita bisa tergilas oleh kemajuan negara lain di rumah sendiri, karena pasar bebas itu sudah menjadi kesepakatan bersama antar negara asia tenggara saat ini,” ingat Nasrul Abit.

Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam kesempatan itu menyampaikan rasa senang dan bangga kegiatan Pelatihan Instruktur Muda Gerakan Pramuka dilakukan di Kota Batusangkar.

“Secara prinsip kami amat mendukung pelaksanaan program pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda yang berketrampilan dan mampu berkembang sebagai pribadi yang baik, sopan santun serta mandiri,” ujarnya.

Irdinansyah juga menyampaikan Kabupaten Tanah Datar siap sebagai tuan rumah untuk penyelenggaraan Jambore Tingkat Nasional serta event pramuka lainnya dengan lokasi Bumi Perkemahan Pramuka yang dekat dengan Istano Basa Pagaruyung.

“Jika ini terjadi kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin baik termasuk penganggaran demi kemajuan dan kejayaan pembinaan pramuka di Sumatera Barat dan khususnya di Tanah Datar, ” ungkapnya. ** Hms

793 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*