Wagub Nasrul Abit, Berdayakan Anak Kemenakan Untuk Majukan Nagari

Limapuluh Kota, Editor.- Membangun nagari tidak terlepas dari memberdayakan anak kemenakan dan potensi nagari dilingkungan kita masing-masing. Hal yang paling nyata dapat melakukan interaksi secara aktif dengan anak kemenakan dan sesama penghulu yang ada di ranah dan perantauan.

Hal ini disampaikan Wakil Gubenur Nasrul Abit saat menghadiri acara Baralek Batagak Panghulu Jorong Tanjung Kaling Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (28/12). Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan, Ketua LKAAM, Camat Luak, Walinagari Sungai Kamuyang dan para Penghulu yang dilewakan.

Lebih jauh Nasrul Abit menyampaikan, interaksi tersebut dapat dilakukan dengan komunikasi secara simultan dan persuasif, serta melakukan diskusi secara konsisten dalam memecahkan berbagai persoalan dalam hidup bermamak dan berkemunakan, bermasyarakat dan bernagari.

Seyogyanya para panghulu dan ninik mamak yang ada di kampung secara aktif berpartisipasi untuk merumuskan langkah-langkah strategis dengan melibatkan selutuh potensi nagari dan anak kemenakan, sehingga dapat dirumuskan pembangunan nagari kedepannya, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, nilai-nilai global yang bersifat pragmatis merupakan salah satui produk kapitalisme global yang tidak saja telah mempengaruhi generasi muda kita, akan tetapi telah juga merasuki seluruh komponen masyarakat hingga ke pelosok nagari.

Akibatnya masyarakat nagari sebagai benteng terakhir bagi upaya menjag eksistensi melestarikan nilai-nilai kearifan local Minangkabau,  sepertinya juga telah mulai goyah dan mulai melupakan nilai-nilai luhur tersebut. Kondisi ini perlu menjadi perhatian kita bersama untuk kembali berbenah diri saling mengingatkan untuk memperkokoh persatuan di nagari, ajaknya.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, potensi  pariwisata Nagari Sungai Kamuyang, perlu dibangun dengan kebersama dan partisipasi masyarakat. Lokasi wisata kita mesti terjauh dari hal-hal yang maksiat, tidak ada tukang palak, perlu keramahan sambutan masyarakat peduli wisata dan inovasi masyarakat menjadi lokasi wisata itu menjadi daya tarik untuk di kunjungi.

Jika saja potensi wisata Nagari Kamuyang dengan Batang Tabik dan Agrowisata dikelola dengan baik tentu ini akan menjadi asset wisata daerah yang dapat dikunjungi oleh siapa saja. Potensi wisata ini sesungguhnya akan mampu menjadi multi efek dalam memajukan ekonomi masyarakat di daerah ini. Maka bekerjasamalah, kompak dan sinergis dalam memajukan nagari untuk kesejahteraan masyarakat, ungkapnya. ** Zardi/Hms

 

1696 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*