Wabup Zuldafri Darma Serahkan Lima Ranperda Kepada DPRD Kab. Tanah Datar

Wabup Zuldafri Darma menyerahkan nota Ranperda.
Wabup Zuldafri Darma menyerahkan nota Ranperda.

Batusangkar, Editor.- Diawal tahun 2020 Pemerintah Daerah Tanah Datar mengajukan 5 (lima) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Datar.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt. Bungsu didampingi Wakil Ketua Anton Yondra yang dihadiri 29 orang anggota DPRD, Forkopimda, Sekda, Staf Ahli Bupati,  para Asisten, Kepala OPD serta Wali Nagari dan undangan lainnya, Senin (13/1) di ruang sidang DPRD Tanah Datar.

Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam nota penjelasannya  memaparkan 5 Ranperda, dimulai dari Ranperda tentang Pedoman Pemberian Nama Jalan dan Sarana Umum, dilanjutkan Ranperda tentang PDAM Tanah Datar, Ranperda tentang Perusahaan Umum Daerah Tuah Sepakat, Ranperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. 

Zuldafri Darma juga mengatakan, guna memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi identitas, menertibkan jalan dan sarana umum perlu dilakukan  pemberian nama jalan dan sarana umum untuk memberikan arah, landasan dan kepastian hukum terkait penamaannya.

Adapun materi yang memuat dalam Ranperda tentang penamaan jalan dan sarana umum terdiri dari VI BAB dan 23 pasal. Antara lain dalam Ranperda mengatur jenis jalan dan sarana umum yang akan diatur penamaannya adalah , seperti jalan nasional, provinsi, kabupaten, nagari, sampai ke jalan lingkungan. Sedangkan sarana umum seperti tempat olahraga, taman, hutan kota, alun-alun, tempat rekreasi dan tempat wisata serta sarana umum lainnya.

Ranperda yang kelima adalah  tentang Penyelenggaraan Sosial,yang mana  kesejahteraan sosial merupakan kondisi yang harus diwujudkan bagi seluruh warga negara dalam rangka memenuhi kebutuhan material, spiritual dan sosial.

Rapat Paripurna DPRD tingkat I sesi I ini, akan dilanjutkan pada hari  Rabu, 15 Januari 2020 dengan agenda Rapat Paripurna Tingkat I Sesi II dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Nota Penjelasan Bupati Tanah Datar terhadap 5 (lima) Ranperda Tahun 2020. ** Jum

84 Total Dibaca 14 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*