Wabup Tanah Datar Lantik 52 Wali Ngari Terpilih

Batusangkar, Editor.- Sebanyak 52 orang dari 54 orang  wali nagari terpilah pada Pilwanag serentak yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Tanah Datar pada tangga 13 September 2017 lalu,  dilantik oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma Senin (13/11) bertempat di Gedung Nasional Maha Rajo Dirajo yang juga sekaligus melantik ketua PKK Nagari.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dalam sambutannya pada acara pelantikan yang diikuti 52 walinagari terpilih yang didampingi oleh masing-masing  ketua tim penggerak PKK nagari .menyatakan, saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan selamat kepada walinagari yang dilantik.dan dalam melaksanakan amanah yang telah diberikan oleh masyarakat kepada pak wali agar dijalankan dengan sebaik-baiknya,.

Selanjutnya Zuldafri  menyampaikan, saat ini  tahapan pemilihan sudah berakhir,dan selanjutnya adalah  tahapan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan di masing-masing nagari dimulai. Utuk kepada seluruh wali nagari yang telah dilantik hari ini agar bisa merajut persatuan dan kesatuan di masing-masing nagari.

“Kepada seluruh unsur yang ada di nagari diharapkan bahu-membahu membangun nagari, lupakan persaingan yang berlalu,sesuai dengan pepatatah biduak lalu kiambang bertaut,

Tantangan dan tugas berat sudah menunggu di depan mata, “Saya yakin orientasi walinagari maju adalah untuk pengabdian dan kemajuan masyarakat nagari, untuk itu dengan dana desa yang sudah cukup besar untuk masing-masing nagari harus dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, kualitas pendidikan, kualitas pengembangan agama, adat, dan budaya, pelayanan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat,”ucar Zuldafri.

Ditambahkan Zuldafri, walinagari terpilih berarti sudah menjadi milik masyarakat nagari sehingga harus merangkul segenap elemen masyarakat baik di nagari maupun yang ada di perantauan.  Selain itu walinagari harus  melahirkan ide dan inovasi untuk kemajuan nagari. Kemajuan nagari menjadi ujung tombak kemajuan Tanah Datar secara keseluruhan.

“Untuk itu saya  juga mengingatkan agar walinagari mematuhi aturan-aturan yang ada dan juga wali nagari terpilih   harus mempedomani aturan-aturan keuangan yang ada,dan  kita tidak ingin walinagari nantinya tersangkut masalah hukum,” ucap Zuldafri.

Pada kesempatan tersebu Zuldafri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan alek demokrasi ini. “Alhamdulillah, alek demokrasi dapat berjalan dalam suasana badunsanak dan kondusif, terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan ini serta terima kasih atas pengabdian Pj. Walinagari,semoga pengamdian sebagai Pj Wali Nagari akan menjadi ladang amal di sisi Allah SWT,” ujar Zuldafri.

Sementara itu Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra dalam sambutannya menyampaikan, Walinagari punya tugas berat dan mulia, walinagari dalam sehari bekerja selama 24 jam guna  melayani masyarakat.apapun permasalah masyarakat dinagari semua penyelesaiaannya selalu bermuara kepada wali nagari.ujarnya

Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim yang merupakah tokoh masyarakat Tanah Datar dalam sambutannya mengatakan, sangat  mengapresiasi pemkab Tanah Datar. “Alhamdulillah semua proses Pilwanag berjalan dengan lancar, walaupun di beberapa nagari ada selisih suara yang sangat tipis namun tidak terjadi keributan diantara sesama calon wali nagari dan ini patut kita syukuri,” ujar Irwan.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Syafrizal menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang telah sukses melaksanakan pemilihan walinagari serentak.

“Pemprov memberi apresiasi atas pelaksanaan pilwana serentak yang berjalan sukses, aman dan kondusif, dan ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Sumatera Barat,” ucap Syafrizal.** Jum

351 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*