Wabup Pasaman H. Atos Pratama, Tingkatkan Kesediaan Pangan Untuk Penuhi Gizi dan Protein Masyarakat

Pemaparan dari nara sumber pada Rakor Dinas Pangan di Arumas Hotel Sawah Panjang.
Pemaparan dari nara sumber pada Rakor Dinas Pangan di Arumas Hotel Sawah Panjang.

Lubuk Sikaping, Editor.- Rapat Kordinasi (Rakor) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman, dibuka  langsung oleh Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama, di aula Arumas Hotel Sari Rasa Sawah Panjang Lubuk Sikaping, Kamis (5/12).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Pangan Propinsi Sumatera Barat Ir. Mikdad Hurya, Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait yakni Kepala Dinas Perikanan.

Dalam laporannya, Ir. Syafrialis Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman menerangkan kepada peserta yang hadir, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut guna merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman, dengan memperhatikan kebijakan yang ditetapkan oleh Dewan Ketahanan Pangan Nasional dan Dewan Ketahanan Propinsi. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk merumuskan kebijakan dalam rangka mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan, sekaligus untuk melaksanakan evaluasi dan pengendalian perwujudan ketahanan pangan di Pasaman.

Sementara itu, tugas Dewan Pangan Kabupaten meliputi penyediaan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman pangan, pencegahan dan penanggulangan masalah pangan dan gizi, tambahnya.

Nara sumber kegiatan tersebut terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan Sumatera Barat, Pimpinan Bank Nagari Lubuk Sikaping dan Pimpinan Bank BRI Cabang Lubuk Sikaping, serta di ikuti oleh Anggota Ketahanan Pangan sebanyak 25 orang, Kelompok Ahli 4 orang, Kelompok Kerja Ahli 23 orang dan Staf Dinas Pangan Kabupaten Pasaman sebanyak 30 orang, tambah Ir. Syafrialis.

Selain itu ia juga menyebutkan, Rapat koordinasi tersebut lebih mengarah pada Gerakan Peningkatan Akses Permodalan/Keuangan Mikro, untuk mendukung Pengembangan ketahanan pangan secara keseluruhan di Kabupaten Pasaman.

Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama dalam sambutannya mengatakan, pemenuhan kebutuhan  pangan merupakan salah satu hak Azazi manusia yang harus di penuhi. Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan pada setiap warganya. Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pasaman berupaya mewujudkan ketahanan pangan di daerah ini dengan melaksanakan berbagai upaya, salah satunya dengan melaksanakan Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan oleh instansi dan unsur terkait.

Wakil Bupati berharap, setiap Organisasi Perangkat Daerah  di lingkungan Ketahanan Pangan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, serius dan transparan. Karena setiap perumusan dan kebijakan dewan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesediaan pangan yang cukup, khususnya di kabupaten Pasaman.

Dengan kesediaan pangan yang cukup akan dapat memenuhi Gizi dan Protein masyarakat. Pola konsumsi masyarakat harus telah mengarah pada makanan yang beragam bergizi dan seimbang (B2 SA).

H. Atos Pratama juga mengatakan, Kabupaten Pasaman saat ini masih  bisa memenuhi kebutuhan beras dari dalam daerah sendiri sebagai pangan utama, tidak mengandalkan pengiriman beras dari daerah lain untuk kebutuhan masyarakat Pasaman.

Dalam peningkatan produksi pangan terutama beras, harus kita perhatikan kebutuhan para petani di Pasaman agar tidak terjadi kelangkaan pupuk. Hal ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan ketahanan pangan di daerah ini. Hal tersebut sangat sesuai dengan Visi Pemerintah Pasaman yakni terciptanya Masyarakat Yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya.**Fajri/Lisendra

402 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*