Wabup Padang Pariaman Lantik 74 Wali Nagari Secara Serentak

Pelantikan 74 Wali Nagari baru Padang Pariaman dipilih secara serentak 4 April 2018 lalu.
Pelantikan 74 Wali Nagari baru Padang Pariaman dipilih secara serentak 4 April 2018 lalu.

Parit Malintang, Editor . Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE,MM Melantik 74 Wali Nagari secara serentak, Kamis (31/5) di Aula Kantor Bupati Parit Malintang.

Dalam pengarahannya, wabup meminta wali nagari untuk transparan dan akuntabel dalam penggunaan dana desa.

Semenjak adanya Dana Desa, banyak yang mengawasi pekerjaan Wali Nagari, mulai dari pihak kepolisian, Kejaksaan, Badan Pemeriksa Keuangan, Inspektorat, sampai pada dinas terkait.  Lembaga Swadaya Masyarakat dan warga pun ikut mengawasi karena dana yang digunakan merupakan uang negara. Namun kehadiran berbagai pihak untuk mengawasi kinerja wali nagari dalam menggunakan dana desa tersebut tidak saja bersifat pengawasan semata namun juga dapat membantu agar dana tersebut berjalan dengan maksimal.

Wabup meminta wali nagari yang baru saja dilantik untuk langsung bekerja karena waktu pelaksanaan pekerjaan di tahun anggaran  2018 ini tinggal enam bulan efektif.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Padang Pariaman, Erman menjelaskan, ke-74 wali nagari yang dilantik berasal dari 31 nagari induk yang habis masa jabatan rentang tahun 2017 hingga 2018, dan ditambah dengan 43 nagari pemekaran, dipilih secara serentak oleh warga pada 4 april lalu dengan tingkat partisipasi sekitar 70 persen.

Mengenai dana desa yang diperoleh Padang Pariaman 2018, Erman mengungkaplkan mencapai Rp81,3 Miliar.

Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp53 Miliar. Kenaikannya karena Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan nomor register 43 nagari pemekaran sehingga jumlah nagari di Padang Pariaman sebanyak 103 Nagari. ** Rafendi/Hms/Ant 

 

738 Total Dibaca 6 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*