Untuk Penanganan Covid -19, Dinas  Pertaniaan, Pangan dan Parikanan Anggarkan Rp1.5 M 

Dasril.
Dasril.

Pariaman, Editor.-  Menghadapi pandemi Covid-19  pemerintah setempat menganggarkan Rp1,5 miliar untuk sektor pertanian.

“Untuk sektor pertanian, peternakan dan perikanan, dana tersebut berdasarkan revisi anggaran yang telah dilakukan,” kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril, Rabu (29/4)

Untuk sektor perikanan, pihaknya memberikan bibit ikan dengan pakan ternak kepada kelompok pembudidaya yang memanfaatkan sumber perairan umum seperti talao atau danau kecil di bawah pengelolaan kelompok pengawas masyarakat, juga irigasi.

Di sektor pertanian, membagikan bibit tanaman produktif yang cepat panen, seperti cabai rawit, kacang panjang, yang ditanam di lahan-lahan kosong, melalui kelompok dasawisma. Pada sektor pertenakan, memberikan 15 ekor ayam per keluarga kelompok tani. Selain itu, dinas juga menjalin kerjasama dengan perantau untuk memberikan modal usaha pertenakan kepada warga.

Pihak terkait memberikan bantuan alat bantu tangkap yaitu kotak ikan yang dapat diisi dengan garam dan es agar tangkapannya tetap térjaga kualitasnya.

Dasril mengatakan, upaya yang dilakukan tidak hanya untuk membantu menangani dampak ekonomi warga di daerah itu tapi juga dapat menjadi bahan konsumsi.

Terkait produksi beras dari Januari sampai Juni 2020, dapat mencapai 7.538 ton dengan konsumsi rata-rata perbulan 832 ton, kalau dihitung-hitung dari Januari sampai Juni, menghabiskan 4.992 ton. Panen dari Januari sampai Juni bisa mencapai 7.538 ton, sedang konsumsi rata-rata dari Januari hingga Juni 2020, sebanyak 4.992 ton, masih surplus beras.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Dasril minta kepada petani agar tidak menjual produk panen padi atau beras yang dihasilkannya sehingga kebutuhan beras untuk konsumsi tidak kurang. ** Afridon/Rel

100 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*