UNP Wajibkan Mahasiswa KKN, Mendes MoU Dengan Rektor


Padang, Editor.-
Sukseskan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa di tahun-tahun mendatang guna mewujudkan tridharma perguruan tinggi. Universitas Negeri Padang lakukan penandatanganan kerjasama dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal di GOR UNP, Kamis (8/9). 

“Mahasiswa UNP tahun 2017 sudah diprogramkan mengikuti KKN. Program pengabdian kepada masyarakat saya pikir penting meningkatkan pemberdayaan masyarakat di nagari-nagari.Untuk sinergisitasnya Alhmadulillah kita sudah tekan MoU dengan Pak Menteri Desa PDT, ” ujar Rektor UNP, Prof Dr Ganefri usai menandatangani Memorandum of Undestranding (Mou) dengan Mendes PDT, Kamis (8/9)

Rektor UNP Ganefri menyerahkan plakat UNP kepada Menteri Desa PDT.
Rektor UNP Ganefri menyerahkan plakat UNP kepada Menteri Desa PDT.

KKN Mahasiswa UNP Tahun 2017 mendatang, menurut Prof Ganefri mesti relevan dengan program pembangunan daerah atau pemerintah pusat, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan IPTEKS yang dimiliki UNP. Program KKN tematik berbasis pendidikan ini didasarkan kepada prinsip-prinsip pendidikan, yaitu ing ngarso sung tulodo,ing madya mangun karso, dan tut wuri handayani

“KKN akan melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah pembangunan di masyarakat, melatih mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program di masyarakat, dan menggali berbagai kondisi masyarakat sebagai feed back (umpan balik) bagi universitas dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi,” jelasnya.

Sebelum penandatanganan MoU, Mendes PDT Eko Putro Sandjoyo didaulat memberikan Kuliah Umum yang menghadirkan ribuan mahasiswa UNP. Pantauan penulis dalam pekan ini lagu Indonesia Raya berkumandang di GOR UNP untuk keduakalinya, setelah Menristek-Dikti, Senin (5/9), Kamis (8/9) pagi kemarin UNP kedatangan tamu kehormatan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjoyo yang didampingi H Febi Dt Bangso.

Dikatakan Menteri Eko Putro Sandjoyo menciptakan nagari mandiri dan pengentasan desa tertinggal. “Mahasiswa UNP mesti berperan untuk memberdayakan potensi nagari,” imbuhnya.

Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi terus menerus berupaya melakukan terobosan-terobosan dalam rangka melakukan percepatan pembangunan daerah tertinggal, seperti melalui bedah desa dan program Prukab. KPDT juga terus meningkat dan mengintensifkan koordinasi-koordinasi dengan stakeholders, baik dengan pihak kementerian/lembaga terkait maupun dengan dunia usaha, BUMN dan Swasta, untuk bersama-sama membangun daerah tertinggal agar cepat maju dan sejajar dengan daerah-daerah lain. ** Agusmardi

2522 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*