UNP Gelar Lokakarya Kemitraan

Padang, Editor.- Universitas Negeri Padang menggelar Lokakarya Implementasi Kemitraan UNP dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota se Sumatera Barat, Selasa (1/8). Lokakarya tersebut terkait dengan 1631 mahasiswa UNP yang akan mengikuti Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di 14 kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang akan berlangsung 21 Agustus hingga 14 Desember 2017 mendatang.

Dari 1631 mahasiswa UNP yang mengikuti program PPLK itu tersebar ke 188 sekolah, diantaranya sekolah TK 17 sekolah, SMP 62 sekolah, SMA 59 sekolah dam SMK 50 sekolah.

Kepala Pusat PPL UNP, Dr Waskito menjelaskan Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian inti kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru atau tenaga pendidik, baik latihan mengajar maupun tugas kependidikan lainnya secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan profesi keguruan PPL merupakan muara dari seluruh program kependidikan.

“PPL dapat disamakan dengan latihan kerja (job training) bagi calon pegawai atau staf perusahaan. Hakikat dari semua pelatihan tersebut adalah mempersiapkan calon pengemban tugas menjadi profesional dalam bidang yang ditekuninya nanti,” ujar Waskito.

Ditambahkannya, dipandang dari sudut kurikulum, PPL merupakan mata kuliah proses belajar mengajar yang djpersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL sengaja dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa PPL agar memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mereka menjadi guru mereka dapat tugas dan tanggung jawab secara profesional. ** Agusmardi/ Hms UNP

804 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*