UNP Bakal Dirikan Pusat Kajian Indo-Pasifik

 Padang, Editor.- Pertemuan Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD dengan salah seorang Direktur Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Dr Arifi Saiman, Jumat (31/8) mengawali kegiatan Kuliah Umum dengan tema Perkembangan ASEAN Perspektif Indonesia mengenai Indo Pasifik”, yang akan berlangsung Sabtu (1/9).

Rektor UNP Prof Ganefri didampingi Wakil Rektor 4, Prof  Syahrial Bahtiar, menjelaskan, dalam rangka mewujudkan visi UNP menjadi salah satu universitas unggul di kawasan Asia Tenggara berbagai kegiatan perlu dilakukan, salah satunya Kuliah Umum yang membahas isu seputar Asean.

“Selain mendiskusikan kesuksesan dan kelancara Kuliah Umum yang akan berlangsung Sabtu (1/9) besok, pertemuan kami juga menyepakati gagasan agar UNP bakal punya Pusat Kajian Indo-Pasifik dimasa mendatang,” ujar Prof Ganefri.

Direktur Kemenlu, Dr Arifi Saiman mendorong agar UNP mengambil langkah untuk berkontribusi membangun pendidikan dan kebudayaan, karena kawasan Indo Pasifik telah menjadi kawasan strategis dalam pembangunan ekonomi.

Dr Arifi Saiman juga  mengungkapkan, di tengah perubahan geo-politik dan geo-ekonomi serta dinamika di kawasan Indo-Pasifik, ASEAN harus terus berkontribusi dan berinovasi, serta terus berinteraksi dengan dunia guna tetap menunjukan sentralitasnya.

“Artinya para Kemenlu ASEAN dimasa mendatang perlu meningkatkan kawasan Indo-Pasifik yang damai, nah kalau UNP punya Pusat Kajian khusus tentang hal ini tentu memudah UNP lebih dikenal dinegara-negara Pasifik lainya,” ujar Arifi. ** Humas UNP/Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*