UNP Akan Wisuda 2.802 Sarjana, Moeldoko Beri Kuliah Umum

Jumpa Pers terkait wisuda UNP 2018.
Jumpa Pers terkait wisuda UNP 2018.

Padang, Editor.- Hari Jumat (16/3) pihak civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) menghadirkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko,S.IP, untuk menyampaikan Kuliah Umum dihadapan 2.802 wisudawan/wati periode 110 tahun 2018.

Kuliah Umum yang disampaikan oleh Moeldoko ini bertema “Peran Perguruan Tinggi Memperkokoh Persatuan Bangsa”, terkait maraknya isu-isu hoaks sekaligus banyaknya permasalahan yang bisa memicu perpecahan di tengah masyarakat saat ini.

“Direncanakan Moeldoko akan tiba di Padang pukul 08.00 WIB nanti, sekaligus akan memberikan tausiah Subuh di Masjid Al-Azhar UNP di Jalan H. Hamka Air Tawar Padang besok pagi” sebut Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, di hadapan awak media di Rektorat UNP, Kamis (15/3) sore.

Alasan diundangnya pensiunan militer ini ke UNP, karena ia berpendapat saat ini Moeldoko sebagai pemikir bangsa. Terutama katanya dalam hal merajut persatuan dan kesatuan bangsa untuk pemerintahan saat ini. Sesuai hal itu pula, ia katakan kedatangan KSP ini diharapkan bisa menyejukkan pemikiran generasi muda.

“Dengan kedatangan Moeldoko ini kita harapkan bisa memberi pencerahan bagi wisudawan/wati, undangan, dan orangtua yang hadir nanti,” yakin Ganefri. Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa selain Kuliah Umum bersama Moeldoko, pihak UNP juga turut mengundang Walikota Bukittingi, M. Ramlan Nurmatias dan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin Dt. Indo Marajo untuk memberikan orasi ilmiah dihadapan wisudawan/wati.

“Hari pertama Kuliah Umum dengan KSP Moeldoko, hari kedua orasi ilmiah dengan Walikota Bukittinggi, dan hari ketiga dengan Bupati Sijunjung orasi ilmiah sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam peningkatan tenaga pendidik di Kabupaten Sijunjung,” jelas Rektor UNP ini.

Didampingi wakil rektor, ketua senat, dekan, staf, dan kepala biro se-lingkungan UNP ia mengatakan, bahwa tema wisuda periode 110 tahun 2018 ini adalah “Strategi UNP dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”, sesuai pesatnya pertumbuhan dan inovasi teknologi yang sangat cepat saat ini.

Menurutnya tema ini diangkat menurutnya sesuai adanya destruktif inovasi dalam dunia pendidikan saat ini. Dengan adanya pembahasan ini, civitas akademika UNP baik mahasiswa, dosen, dan wisudawan/wati mampu menghadapi persaingan global dengan berbagai inovasi baru di industri, teknologi, maupun pendidikan.

“Saat ini kita tengah menghadapi revolusi Industri 4.0 (tahap ke empat), jadi UNP harus benar-benar siap melahirkan lulusan unggulan, bukan hanya sebagai tenaga pendidik (guru/dosen), tapi juga praktisi dan tenaga profesional,” ujarnya. Terkait pelaksanaan Rapat Wisuda Terbuka ini, UNP menggelar selama tiga hari, yakni mulai dari Jumat (16/3) hingga Minggu (18/3) mendatang.

Selain Satpam, pihak UNP juga dibantu oleh 15 orang personil TNI dan 15 orang kepolisian dari Polresta Padang untuk mengamankan kegiatan ini.

Adapun rincian jenjang lulusan dari seluruh jumlah wisudawan/wati periode 110 ini yakni, Diploma II 7 orang, Diploma II sebanyak 266 orang, S1 dan D4 Kependidikan 1.660 orang, S1 dan D4 Non-Kependidikan 529 orang, Magister 240 orang, serta Doktor 27 orang.

Keseluruhan jumlah wisudawan/wati itu terbagi atas delapan fakultas, diantaranya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 557, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 348, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 256, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 266, Fakultas Teknik (FT) 549, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 408, Fakultas Ekonomi (FE) 247, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) 91, serta Pascasarjana 78 orang.

“Kita sangat berharap, dengan adanya kuliah umum, orasi ilmiah, dan diwajibkan bagi mahasiswa menerbitkan jurnal ilmiah sebagai syarat wisuda, bisa menambah ilmu pengetahuan dan inovasi yang baru bagi masyarakat luas,” tambah Kepala Kopertis Wilayah X ini usai pelaksanaan Conference On Sport Science, Health and Reccreation (ICoSHR) di Auditorium UNP. ** Agusmardi

683 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*