Tujuh Siswa SDI RJ Payakumbuh Ikuti Apresiasi Nasional

Payakumbuh, Editor.- Sebanyak tujuh orang siswa Sekolah Dasar Islam Raudhatul Jannah (SDI RJ) Kota Payakumbuh, berhasil masuk nominasi pada ajang Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar Tingkat Nasional dan Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI) yang akan berlangsung pada 26 hingga 29 Oktober ini di Hotel Bogor Icon and Convention, Jawa Barat.

Kepala SDI RJ Payakumbuh, Syamsuardi, ketika dihubungi di ruangan kerjanya, Rabu (25/10), menginformasikan, ke tujuh siswa yang lolos seleksi ke tingkat nasional itu terbagi pada empat bidang lomba, yakni lomba Cipta Pantun 3 orang atas nama Aisyah Rahmadi, Asyifa Zahra, dan Salsabilah Khalisha Orion. Lalu lomba bidang Cipta Syair akan diikuti Akbar Dev, Revandra Ahza Rizkia. Kemudian lomba bidang Mendongeng atas nama Zafira Najla Rinjani. Terakhir, lomba bidang Menulis Cerita Pendek Kategori Pemula dengan nama siswa Vany Dwi Andika.

Terpilihnya ke tujuh peserta didik di atas setelah melalui seleksi tahap awal di sekolah. Kemudian pihak sekolah mengirimkan naskah karya siswa ke panitia penyelenggara, yakni Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akhirnya, dari ratusan karya yang masuk, panitia lalu menetapkan dan mengundang peserta terbaik untuk berkompetisi di tingkat nasional.

“Khusus bagi SD Islam Raudhatul Jannah, kegiatan yang cukup bergengsi ini sudah merupakan tahun ketiga mewakili Payakumbuh dan Sumatera Barat,” kata Syamsuardi.

Pada tahun 2016 lalu, sekolah ini meraih medali perunggu cabang Cipta Pantun atas nama Putri Alya Syakira dan penyabet juara harapan 3 cabang Cipta Syair atas nama Rivan Maulana. Namun pada 2015, Zikri Firdaus siswa SDI RJ ini dinobatkan selaku peserta terfavorit.

Syamsuardi yang juga mendapat kepercayaan untuk memimpin kontingen Payakumbuh beserta pendamping lainnya akan berusaha untuk mengharumkan nama Payakumbuh dan Sumbar di pentas nasional. “Insya Allah, kita akan akan berusaha maksimal. Kini, butuh doa dari pelbagai pihak semoga yang diniatkan bias tercapai,” ujar Syamsuardi.

Di samping 7 orang peserta dari SDI RJ, yang masuk nominasi dilaporkan pula ada 2 orang dari SD Pius dan 2 orang dari SD Al Azhar Bukittingi. ** SAS

577 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*