TSR DPRD Sumbar Kunjungi Masjid Mujahidin Jorong Batu Basa Matur

Guspardi Gaus Wakil Ketua DPRD Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp 20 Juta dari Pemprov Sumbar untuk bantuan Masjid Mujahidin Jorong Batu Basa Matur
Guspardi Gaus Wakil Ketua DPRD Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp 20 Juta dari Pemprov Sumbar untuk bantuan Masjid Mujahidin Jorong Batu Basa Matur

Matur, Editor.- Tim Safari Ramadhan DPRD Provinsi Sumatera Barat  dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Drs Guspardi Gaus  kunjungi masjid Mujahidin Jorong  Batu Basa Nagari Lawang,  Kecamatan Matur Kab Agam. Kunjungan Tim Safari Ramadhan ini juga didampingi oleh beberapa OPD di jajaran Pemprov Sumbar.

Pada kesempatan ini Drs Guspardi  Gaus mengatakan, setiap bulan Suci Ramadhan Pemprov Sumbar selalu mengadakan Safari Ramadan ke berbagai Masjid di Sumatera Barat. Tujuannya  adalah untuk bersilaturahmi langsung  dengan masyarakat untuk menjemput aspirarsi masyarakat  yang akan dimasukan ke dalam program pembangunan Sumatera Barat.

Menurut Guspardi Gaus, kabupaten/kota di Sumatera Barat harus menyiapkan blueprint untuk pengembangan produk pertanian di daerah, karena masing  masing kabupaten/kota potensinya berbeda dan harus dipetakan oleh provinsi. Seperti  di Jorong Batu Basa  Nagari Lawang Matur ini potensinya   dari dulu terkenal dengan  gula lawang yang dihasilkan dari air tebu.

Kedepan, jelas Gupardi  Gaus, untuk mengolah tebu ini sangat dibutuhkan teknologi,  sehingga prosesnya lebih cepat dan produk yang dihasilkan juga bisa lebih banyak. Jadi untuk pengolahan tebu lawang ini butuh sentuhan teknologi,  karena di kawasan Lawang ini sebagaian besar masyarakatnya petani tebu dan usahan pembuatan gula  saka. Tapi hingga sekarang pengolahannya  masih dikerjakan secara tradisional  dan ini harus menjadi perhatian oleh pemerintah.

Sementara itu  salah seorang pengusaha gula lawang, Markus Sutan Makmur mengatakan, selama ini usaha gula yang terkendala dengan masaalah packing, sedangkan untuk membeli alat packing ini membutuhkan dana lebih kurang  sebesar Rp 50 juta, sedangkan dia  tidak punya uang sebanyak itu .

Untuk  pembelian alat tersebut, menurut Guspardi Gaus ia benjanji akan membantu pembelian alat itu melalui Dana Pokok Pokok Pikiran-nya yang disalurkan melalui  Dinas Perindustrian dan Perdagangan.Mengenai syaratnya silahkan hubungi dinas terkait. Yang jelas  syarat utama yang bersangkutan harus menjadi angota koperasi.

Pada kesempatan ini  Pengurus Masjid Mujahidin Jorong Batu Basa Nagari Lawang Matur Asrul Engku Datuak Nangkodo menyampaikan terima kasih atas kunjungan Tim Safarai Ramadan provinsi tahun ini, karena semenjak Masjid  ini didirikan pada tahun 1931 Baru kali ini dikujungi oleh Tim Safari Ramadhan Provinsi .

.Pada kunjungan Tim Safari Ramadhan kali ini Drs Guspardi Gaus Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan sebesar Rp 20 Juta bantauan dari Pemprov Sumbar serta 3 Tikar Shalat. Kunjunan ini juga didadampingi oleh beberapa OPD dipemprov Sumbar. Diantaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi, Dinas Pertanian Holtikultura dan Perkebunan. ** Herman

605 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*