Truck Pengangkut Getah Terjun ke Sawah di Talang

Talang, Editor.- Kecelakaan kembali terjadi di dua tempat di Kabupaten Solok. Pertama kecelekaan tunggal di jalan Lintas Sumatera Padang-Solok KM 14 Sawah Hilia Talang. Sebuah truck nopol BH 8558 FU yang dikemudikan oleh Sartono (48) warga Jambi dengan anak nya Tomi (22) bermuatan getah terjun ke sawah selasa (14/11) sekira pukul 06.00 WIB.

Menurut keterangan sopir truck, Hartono yang ditemui Editor di Puskesmas Talang, kronologis kejadian bermula ketika truck bermuatan getah dengan nopol BH 8558 FU yang dikemudikannya datang dari arah Solok menuju Padang sekira pukul 06.00 WIB. Mulai dari bawah mau nanjak sudah terasa pada tarekan gigi porsneling setiap hendak mengopor gigi selalu bergetar. Sesampai ditanjakan Sawah Hilir, saat  hendak mrngopor verseneling pada transmisi 1 ternyata tidak naik lagi.

Karena itu dia menyuruh anaknya yang bernama Tomi turun untuk mengganjal guna  berhenti sesaat di tanjakan tersebut. Disaat mencoba untuk melanjutkan perjalanan kembali ternyata tidak naik karena verseneling tidak berfungsi dan truck pun mundur sehingga truck berhenti terbalik disawah warga.

Karena mengalami luka, Sartono dilarikan ke Puskesmas Talang oleh Ketua Pemuda Jorong Sawah Hilia untuk mendapatkan pertolongan medis. Sedangkan truck yang dikemudikan oleh Hartono rusak parah.

Kecelakaan tunggal kedua terjadi di Jalan Lintas Sumatera Solok-Padang, Jorong Pasar Baru Nagari Cupak Kecamatan  Gunung Talang Kabupaten Solok, sekira pukul 13.00 WIB. Mobil truck fuso BA 8503 PU yang dikemudikan oleh Bujang Basir (58) suku Minang warga Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

Menurut Kasat Lantas Polres Solok Arosuka IPTU Baiful Yendri, SH  melalui Kanit Laka Lantas IPDA Ronnal Yandra, SH  yang ditemui Editor di ruang kerjanya menerangkan, kejadian tersebut berawal ketika truck yang dikemudikan oleh Bujang Basir  datang dari arah Padang menuju Solok dengan bermuatan semen, dan saat di TKP truck tersebut mengeluarkan api pada bagian dasbor.

Pengemudi truck kaget lalu  membanting stir kearah kiri sehingga roda depan sebelah kiri masuk ke selokan di depan pagar rumah warga, wargapun berdatangan mebawa air guna memadamkan api. Pengemudi dan penumpang truck selamat dan mobil truck mengalami rusak pada bagian depan dan bagian dalam truck.

“Benar terjadi dua kecelakaan di tempat yang berbeda. Namun ini cuma kecelakaan tunggal yang berakibat kerugian meteril. Kami atas nama unit polisi lalulintas Polres Solok Arosuka berharap kepada pengendara agar lebih berhati hati, karena akses jalan lintas Solok Padang sangat rawan sekali kecelakaan.Bagi sopir truck diminta agar lebih hati-hati dan  apabila kendaraan tidak layak untuk jalan jangan sampai dipaksakan. Bila rem kendaraan panas agar beristirahat dulu sementara untuk menghindari kecelakaan,” ucap Ipda Ronnal Yandra, SH. ** Roni Akhyar/Wawan

816 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*