TP-PKK Kota Bukittinggi  Akan Laksanakan Isbat Nikah

Rakor rencana pelaksanaan Isbat Nikah di kota Bukittinggi.
Rakor rencana pelaksanaan Isbat Nikah di kota Bukittinggi.

Bukittinggi, Editor.- Angin segar bagi pasangan di Bukittinggi  yang belum terdaftar pernikahannya, karena Program Isbat Nikah 2020 akan  segera dilaksanakan difasilitasi Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi.

Sebagai persiapan untuk pelaksanaan isbat nikah 2020 itu, telah di lakukan rapat koordinasi antara Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi diwakili Kasi Bimas Islam H. Gazali, Kepala KUA, Kepala Pengadilan Agama, Disdukcapil, Dinas P3APPKB dan Dinas Sosial serta Camat se-Kota Bukittinggi. Rakor  perencanaan Istbat Nikah tahap ke 2 itu, berlangsung Kamis (02/07) di Balairung rumah dinas Walikota Bukittinggi.

Dalam Rakor itu dibahas tentang kolaborasi dan sinergi berbagai pihak dalam mewujudkan masyarakat Bukittinggi yang patuh dan taat aturan, baik tuntunan agama maupun aturan kependudukan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani Ramlan, mengatakan, isbat nikah ini dilaksanakan untuk melindungi keluarga dan anak yang bermasalah dengan buku nikah dan akte kelahirannya.

Program Isbat Nikah Terpadu merupakan rangkaian dari sekolah keluarga yang telah dilaksanakan 3 tahun terakhir. Ini juga program prioritas dari MA.

“Program tersebut menjadi salah satu kewajiban Pemerintah Kota Bukittinggi dan instansi terkait dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan perlindungan hukum atas keabsahan pernikahan mereka termasuk perlindungan hukum dan hak istri dan anak dengan baik dan benar,” ujar Yesi.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, diwakili  Kasi Bimas Islam, H. Gazali mengatakan , Kemenag Kota Bukittinggi siap berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak dalam mewujudkan masyarakat Bukittinggi yang patuh dan taat kepada aturan, baik tuntunan agama maupun aturan kependudukan.

“Pada rakor tersebut dibahas hal-hal yang menyangkut masalah teknis mulai pemeriksaan berkas, pencatatan pernikahan yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, teknis persidangan dan masalah teknis pencatatan kelahiran anak dari masing-masing peserta yang telah disahkan dan dicatat pernikahannya. Dari berbagai pihak yang hadir, semua sepakat berkomitmen untuk menyukseskan program tersebut,” tuturnya.

Sementara itu Kepala KUA Kecamatan Guguk Panjang yang juga ikut dalam rapat koordinasi menyampaikan siap bekerjasama dalam proses Itsbat Nikah tersebut.

“Kita akan menindaklanjuti kesepakatan dan komitmen bersama ini, karena posisi KUA dalam proses Itsbat Nikah adalah setelah PA, KUA bisa bekerja disaat Putusan PA sudah keluar. Kita juga sangat mendukung program bersama ini dalam rangka mewujudkan masyarakat Bukittinggi yang paripurna, salah satu indikatornya adalah lengkapnya dokumen administrasi perkawinan dan kependudukan,” ujar kepala KUA itu. ** Widya

 

96 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*