Tour de Singkarak (TdS) 2016, Paling Spektakuler Dari Yang Pernah Ada

Tour de Singkarak (TdS), perhelatan besarmasyarakat Sumatera Barat, kembali digelar pada 6-14 Agustusini. Ajang balap sepeda bertaraf internasional, kebanggaan “Rang Minangkabau” akan digelar lebih profesional dan disebut-sebut bakal menjadi TdS terakbar.TdS 2016 akan dikelola panitia yang lebih professional, bekerjasama dengan tim teknis dari Malaysia yang juga anggota Union Cyclist International (UCI).

“Persiapan TdS tahun ini diselenggarakan cukup serius dari tahun-tahun sebelumnya dana akan ada beberapa iven tambahan. Bisa dikatakan TdS 2016 akan jadi TdS paling spektakuler dari yang pernah ada,” ujarAsisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata, RasenoArya.

Lebih lanjut Raseno menyebutkan, selain iven yang diadakan pemerintah kabupaten di masing-masing etape, untuk pertamakalinya TdS 2016 juga akan dimeriahkan festival kuliner. Selain itu, juga ada iven khusus city tour di Kota Bukittinggi.

billboard 4x2 PI_opt2

Untungkan Bukittinggi

Pemerintah Kota Bukittinggi, optimistis jadwal pelaksanaan lombabalap sepeda internasional bertajuk Sport Tourism, Tour de Singkarak (TdS) 2016 dapat memberi keuntungan lebih bagi daerah ini. Betapa tidak, khusus pada hari Sabtu (13 Agustus) perlombaan diistirahatkan. Pada kesempatan ini, para pembalap dan semua tim peserta akan diajak berkeliling kota Bukittingi untuk menikmati objek-objek wisata unggulan kota wisata ini.

“Untuk rute yang dijadwalkan di Bukittinggi, yakni etape sembilan, dilaksanakan esok harinya pada 14 Agustus atau bertepatan dengan akhir pekan,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bukittinggi, Emil Anwar di Bukittinggi.

Ia menambahkan, setiap akhir pekan daerah tersebu tselalu ramai oleh pengunjung baik dari daerah sekitar Bukittinggi maupun luar Sumbar yang datang berwisata, dan pada kesempatan tersebut diharapkan dapat mendukung kemeriahan event balap sepeda tahunan tersebut.

Untuk etape Pesisir Selatan tahun ini pebalap akan disuguhi objek wisata degan pemandangan lebih indah, sebab garis start langsung dilaksanakan di Pantai Carocok. Sementara, etape Padang Pariaman untuk pertama kalinya start dilaksanakan di PantaiTiram Tujuannya untuk lebih mempromosikan wisata bahari Sumatera Barat umumnya dan kota Pariaman khususnya.

Hadiah Ditingkatkan 100 Persen

Kesuksesan penyelenggaraan Tour de Singkarak (TDS) 2015 membuat Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyampaikan kabar gembira bagi para pecandu olahraga balap sepeda di Padang, Sumatera Barat, saat acara penutupan TdS 2015 tahun lalu. Tour de Singkarak tahun 2016 ini dipastikan bakal lebih heboh karena hadiah akan dinaikkan nilai totalnya hingga 100 persen.

“Karena TdS tahun2015 berlangsung sukses, maka untuk menaikkan animo peserta dan wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Sumatera Barat, kami akan naikka ndua kali lipat total hadiah uangnya, dari sekitar Rp 1,4M menjadi Rp 3M,” ucap Menpar, Arief Yahya ketika itu.
Alasan kenaikan hadiah TDS tidaklain demi mendongkrak iven tahunant ersebut agar lebih bergengsi di mata Internasional. Menpar juga menambahkan sudah melakukan promosi di media Internasional dengan menggelontorkan dana hampir Rp10 miliar.

“Hampir Rp 10M, kami mempromosikan melalui jaringan TV di berbagai belahan dunia. Mengapadinaikkan “Sayaini orang bisnis, saya tahu di mana ada gula, di situ pasti mengundang banyak semut. Ketika event ini dinaikkan hadiahnya, pasti banyak partisipan, pembalap baik nasional maupun internasional yang datang,” sebut Arief.

“Sama halnya dengan tinju pro, tenis, bulutangkis, dan olahraga professional yang lain. Hadiah akan menentukan jumlah dan kualitas pesertanya,” tutup Arief Yahya.(*/WS)

1023 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*