Tour de Jakarta, Ajang Pemanasan Menjelang Tour de Singkarak 2016

Jakarta, Editor. – Sebanyak 19 tim dari dalam dan luar negeri akan berlomba pada kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Jakarta 2016, berlangsung padaSabtu (30/7), menyusuri jalan protokol ibukotayang juga dijadikan sebagai ajang pemanasan menjelang Tour de Singkarak 2016.

Menurut Race Director Tour de Jakarta Jamaludin Mahmood kepada Media di jakarta, tim yang bersaing ini terdiri atas 13 timlokal di antaranya adalah tim nasional, United Bike Kencana, CC, KFC Cycling Team, BRCC, PGN dan Prima Team. Sisanya adalah tim kontinental, yaitu Action Cycling Team Taiwan, 7 Eleven Filipina dan Terengganu Cycling Team Malaysia.

Tour de Jakarta (circuit race) yang sudah lama vakum ini akan menawarkan pada pembalap sensasi balapan di tengah kota dengan jarak tempuh 175,5 km yang terbagi dalam 13 putaran. Mengambil start di depan Gedung BI dan selanjutnya menyusuri jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirmandan finish kembali di depan Gedung BI.

Masing-masing tim diperkuat lima hingga tujuh pembalap. Tour de Jakarta 2016 ini akan melombakan tiga kategori. Yaitu perorangan, beregu dan intermediate sprint. Ajang balap sepeda di jantung kota Jakarta ini digela rmulai pukul 06.30 – 11.00 WIB.

Launching Tour de Jakarta 2016
Launching Tour de Jakarta 2016.

“Kejuaraan ini menggunakan aturan UCI sepenuhnya. Jadi untuk perorangan hadiah akan diberikan pada urutan nomor satu hingga 20. Untuk beregu diambil nomor satu hingga tiga. Ada juga juara khusus untuk pembalap Indonesia,” kata Jamaludin Mahmood.

One day race Tour de Jakarta merupakan kejuaraan balap sepeda internasional yang sudah digelar sejak 1994. Pelaksanaan kejuaraan yang diprakarsai oleh IkatanPenggiat Olahraga Sepeda Jakarta (IPSI) tahun ini adalah yang ke-12 kalinya.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen PasarPersonel, Kementerian Pariwisata, Raseno Arya mengatakan, Tour de Jakarta merupakan salah satu kejuaraan balap sepeda yang didukung penuh dari lembaganya. Selain itu kejuaraan ini sudah masuk kalender UCI dan salah satu tujuannya untuk menarik wisatawan.

“Kegiatan sport tourism dengan skala internasional seperti ini merupakan kegiatan yang positif guna meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun asing terutama ke DKI Jakarta, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga,” katanya.

Dalam Tour de Jakarta 2016 selain ajang untuk prestasi juga akan disuguhkan beberapa kesenian maupun makanan asli Jakarta. Hal ini dilakukan untuk menjadi daya tarik lain untuk wisatawan agar datang ke Indonesia,juga untuk menunjukkan jika Indonesia aman-aman saja. ** Wisja

689 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*