TMMD ke 100 di Bengkulu Dilaksanakan di Bengkulu Tengah

Bengkulu, Editor.- Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 tahun ini di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dimulai secara resmi, Rabu (27/09). Kegiatan diawali dengan upacara penandatanganan perjanjian swakelola dengan Bupati Benteng Ferry Ramli yang juga bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam kegiatan yang menelan dana mencapai Rp 2 Miliar yang bersumber dari Markas Besar TNI AD dan APBD-P Kabupaten Benteng ini akan dibangun sedikitnya 8,5 Km jalan penghubung dari Kecamatan Karang Tinggi menuju Kecamatan Pondok Kubang. Selain itu juga ada pembangunan 4 unit jembatan serta 1 unit rehabilitasi jembatan.

“Ini adalah program nasional, untuk itu kita di daerah patut bersyukur atas bantuan ini masuk ke daerah kita (Benteng). Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat agar sama-sama ikut membantu supaya program ini bisa berjalan dengan baik. TMMD ini diyakini akan memacu percepatan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Tengah kedepannya,” kata Ferry.

Sementara itu Plt Gubernur Bengkulu yang ikut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), diharapkan dapat mencapai sasaran.

Dimana sasarannya, pembuatan badan jalan sepanjang 8.550 meter dengan lebar 10 meter, yang menghubungkan Desa Talang Empat Kecamatan Karang Tinggi dan Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang. Kemudian rehap lantai jembatan, serta pembuatan empat jembatan darurat.

Lebih lanjut dikatakan Rohidin, selain pembangunan fisik, dalam kegiatan TMMD ini juga akan dilakukan penyuluhan kepada masyarakat, mengenai kesadaran bela negara dan wawasan nusantara, penyuluhan kesehatan, kerukunan umat beragama dan bina keluarga.

“Diharapkan melalui pembukaan akses jalan ini, pembangunan di pedesaan akan terpacul, dan menggerakkan roda perekonomian yang berujung pada kesejahteraan masyarakat. Apalagi TMMD yang selama ini lebih banyak berorientasi pada pembukaan jalan baru, kedepan dapat melakukan peningkatan kualitas jalan dan pengerasan dengan material yang berasal lokasi tersebut dan tetap melibatkan warga setempat,” ujarnya..

Senada dengan itu, Komandan Korem 041 Gamas Agung Pambudi, menjelaskan, TMMD merupakan upaya TNI membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik, dan memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI.

“Ini upaya TNI Angkatan Darat dalam pendampingan percepatan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia,” tegasnya. ** Hms/Syahriwal Guci

548 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*