TMMD 98 Sebulan Penuh di Kab. Kepulauan Mentawai

Siberut, Editor.- Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) 98 tahun 2017 di Kabupaten Kepulauan Mentawai di bukasecara resmi  oleh Danrem 032/ Wirabraja yang diwakili oleh Kasi ter Kolonel Inf Asep Afandi S.IP di  Muara Siberut Rabu (5/4).

Dalam sambutannya Asep mengatakan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa 98 tahun 2017 ini bertujuan untuk membangun kedekatan segenap prajurit dengan rakyat. Tanpa rakyat kita tidak akan  kuat.  Rakyat itu Ibu kandung TNI. Kapanpun, dimanapun dan siapapun pemimpin TNI harus dekat dengan rakyat.

“Tidak perlu takut dengan baju loreng. Hati prajurit TNI lembut dan baik. Bisa dilihat bagaimana kedekatan TNI dengan rakyat disini,” kata Asep.

Sementara itu Pj Bupati Mentawai Drs, Syafrizal mengatakan, disamping memperkuat hubungan dan kebersamaan TNI dan masyarakat di daerahnya, kegiatan TMMD sangat membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan.   Sesuai dengan amanat Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Tentara Manunggal Masuk Desa ( TMMD ) merupakan wujud nyata TNI membantu tugas- tugas pemerintah daerah . Ini diharapkan dapat menghilangkan stugma masa lalu bahwa TNI itu masih terkosentrasi dengan tugas pokoknya, tetapi juga bisa berperan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat di kabupaten kepulauan Mentawai.

Tentara Manunggal Masuk Desa ( TMMD) 98 ini akan melakukan pekerjaan diantaranya semenisasi jalan di desa Saliguma kecamatan Muara Sikabaluan dan desa Malepet di kecamatan Muara Siberut Selatan.Selain kegiatan fisik TMMD jug diisi dengan kegiatan lainnya, seperti penyuluhan bahaya narkoba, radikalisme,  dan terorisme. Disamping itu juga ada penyuluhan hukum dan Kamtibmas, pelestarian lingkungan hidup dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan pertanian serta penyuluhan mengenai kesehatan.

Untuk pelayanan kesehatan meliputi Kesehatan ibu dan anak, pengobatan massal, Keluarga Berencana, dan selain kesehatan juga mengenai perkoperasian dan juga diadakan hiburan berupa kesenian rakyat.

TMMD 98 tahun 2017 ini beranggotakan 180 orang personil yang terdiri dari TNI Angkatan Darat 110 orang dan Angkatan Laut 5 orang, Polri 10 orang, dari Pemda Mentawai 20 orang serta Satpol PP sebanyak 30 orang. Kegiatan TMMD 98 ini akan berlangsung selama satu bulan hingga 5 Mei 2017. ** Daniwarti

570 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*