Tingkatkan Pelayanan, Polres Payakumbuh Launching Aplikasi Polisiku

Launching aplikasi Polisiku di Payakumbuh.
Launching aplikasi Polisiku di Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, SIK, MH berinovasi dengan merobah wajah Mapolres dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, melalui pemotongan birokrasi aplikasi Polisiku Polres Payakumbuh.

Inovasi ini patut di acungkan jempol karena aplikasi Polisiku yang dilaunching langsung  oleh Kapolres yang sukses memimpn Polres Kota Solok itu, kamis (23/1), di Mapolres Payakumbuh,  mampu memotong birokrasi pelayan dan penghematan.

Hadir pada kesempatan ini, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, puluhan wartawan Luak  Limopuluah (kota Payakumbuh dan 50 Kota) dan tamu undangan lainnya.

Menurut Kapolres Dony, untuk bisa mengakses aplikasi ini, silahkan di smartphone android anda melalui playstore lalu searching ketik Polisiku Payakumbuh dan muncul Polres Payakumbuh (centerstage Developer, Stieven Kalengkian) silahkan tekan instal.

“Setelah terunduh masyarakat harus login sebagai daftar akun masyarakat. Selanjutnya isi formulir dan setelah berhasil login akan tampil berbagai fitur yang dapat digunakan,” sebutnya.

Ditambahkan, untuk fitur pada aplikasi Polisiku, ada Tombol Panik, pelayanan SIM, SKCK, Pengaduan, Pengawalan, Izin Keramaian, Surat Keterangan Hilang, SKBN, SPDP, SP2HP, dan Cek Kendaraan Hilang. “Semoga aplikasi ini dapat dimanfaatkan masyarakat Luak Limopuluah,” harapnya.

Untuk itu Kapolres meminta Bupati dan Wako untuk menyampaikan kepada jajaran masing masing memanfaat aplikasi polisiku, tidak perlu lagi memakai surat resmi meminta pelayanan dari polisi apakah itu mohon pengawalan atau minra izin keramaian  atau kehilangan/ kececeran , cukup di isi formulir yang ada di Aplikasi Polisiku itu, jelas Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan, pada aplikasi ini banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya Panic Button.

“Ketika ada kejadian, masyarakat dapat menekan tombol ini. Setelah itu polisi akan menghubungi dan mengkonfirmasi kepada masyarakat yang menekan tombol tersebut,” katanya.

Dengan adanya fitur ini, kata AKBP Dony, pihaknya ingin mendorong agar masyarakat dapat lebih peduli dengan lingkungan. Sebab, kemungkinan fitur ini akan lebih sering digunakan oleh lingkungan tempat kejadian.

“Misalnya ada kejadian, jarang sekali korban atau yang bersangkutan langsung melaporkan. Jadi dengan aplikasi ini bisa menumbuhkan rasa empati membantu antar sesama. Utamanya, aplikasi ini dapat memangkas jalur birokrasi dan mempersingkat waktu pelayanan,” tutup AKBP Dony.

Wakil Wali Kota  Payakumbuh Erwin Yunaz hadiri launcing aplikasi Polisiku di Kepolisian Resor (Polres) Kota Payakumbuh mengarakan,  Aplikasi berbasis android yang ditujukan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan pada masarakat.

Menurut Wakil Wali Kota Erwin Yunaz,  inovasi yang dihadirkan oleh Polres Payakumbuh akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kehadiran inovasi yang luar biasa ini memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang bersentuhan dengan pihak kepolisian.

“Di Pemko kita juga telah menghadirkan MPP, tujuannya untuk mempermudah semua urusan masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam waktu dekat ini Pemko Payakumbuh akan melauncing emergeny rescue 112 dan akan terkoneksi dengan aplikasi Polisiku supaya bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat.

“Nantinya di emergency rescue 112 pelayanan akan lebih lengkap, ada ambulan gratis serta pelayanan-pelayanan yang ada di Mall Pelayanan Publik,” jelas Erwin Yunaz. ** Yus

544 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*